Jika biasanya Moms merayakan hari-hari atau peringatan besar, seperti hari ulang tahun, pernahkah Moms merayakan momen-momen kecil dalam hidup? 

Hidup terdiri dari begitu banyak momen kecil yang penting. Misalnya pindah ke rumah baru, masuk kerja di hari pertama, atau kebersamaan sahabat yang selalu ada, momen-momen inilah yang membuat hidup semakin berkesan.

Sayangnya, saking sibuk dan fokusnya mencapai suatu tujuan dengan segala jatuh-bangun dan kesulitan yang dialami, kesenangan-kesenangan kecil itu seringkali luput untuk dilakukan. Tanpa disadari, hal ini berdampak kurang baik pada kesehatan mental kita. Nah, ketika kita tidak happy, otak mudah dialihkan ke pikiran negatif.

Sebenarnya pikiran negatif adalah hal yang wajar dialami, namun Moms bisa punya kemampuan untuk mengalihkan otak untuk berpikir positif.  Salah satu caranya, dengan merayakan momen dan pencapaian kecil sebagai bentuk apresiasi. 

Baca Juga: Mommy Burnout, Kenali, Hindari, dan Atasi

Ada banyak alasan, mengapa merayakan hal-hal kecil dalam hidup, serta hal-hal besar, sangat penting. Ini beberapa di antaranya: 

Meningkatkan rasa syukur

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih bahagia dalam hidup adalah orang yang merasa bersyukur setiap hari. Bersyukur atas hal-hal kecil dalam hidup yang sering dianggap remeh, sangat membantu Moms untuk merasa lebih puas dan bahagia dengan keberadaan saat ini. Hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan mental, Moms.

Meningkatkan motivasi

Manfaat lain yang didapat dari merayakan hal-hal kecil adalah meningkatkan motivasi. Apa pun yang Moms lakukan, baik itu pekerjaan, merawat si Kecil, usaha sambilan, Moms tentu membutuhkan motivasi agar dapat terus melakukannya dengan perasaan bahagia. Melalui apresiasi dan perayaan hal-hal kecil, Moms tetap termotivasi dan fokus pada tujuan.

Baca Juga: Kebiasaan Berikut Bikin Tambah Bahagia

Menjernihkan pikiran 

Melalui perayaan momen-momen kecil, Moms bisa sekaligus menjernihkan pikiran tentang apa tujuan Moms. Umumnya orang cenderung berfokus pada pencapaian yang lebih besar sehingga mengabaikan pentingnya pencapaian kecil dalam hidup. Salah satu caranya dengan menetapkan tujuan harian, di mana Moms dapat melihat bagaimana tujuan besar bisa dicapai dengan langkah-langkah kecil.

Mengingat perjuangan sebelumnya

Terkadang orang lupa bagaimana perjuangannya untuk sampai di titik ini, juga apa yang diperjuangkan. Dengan merayakan pencapaian kecil, Moms mengingat niat dan perjuangan sebelumnya sehingga semangat untuk melanjutkannya.

Tanpa menghargai diri sendiri atas perjuangan yang dilakukan, orang cenderung merasa kehilangan arah dan semangat.

Moms berhak mendapatkannya

Moms harus merasa bangga pada diri sendiri atas semangat dan komitmen sebagai ibu dalam keluarga. Meluangkan waktu untuk merayakan pencapaian diri sendiri setelah semua kerja keras yang dilakukan, baik untuk kesehatan mental Moms.

Lalu seperti apa perayaan yang dimaksud? Tidak perlu kue atau hadiah mahal, cukup mempraktikkan hal-hal sederhana yang seringkali luput juga cukup untuk mengapresiasi diri dan merayakan pencapaian kecil dalam hidup. Misalnya tidak khawatir berlebihan terhadap masalah kecil dan penilaian orang lain, merawat diri, menyenangkan diri sesekali, melakukan kebiasaan sehat, fokus pada momen saat ini, bersyukur, dan membagikan kebahagiaan kepada keluarga atau orang lain.

Baca Juga: 5 Ide Merayakan Hari Ulang Tahun Pernikahan