Menghadapi balita kadang membuat Moms kelelahan dan diamuk emosi. Ada saja ulah si Kecil yang membuat Moms mengelus dada. 

Tenang Moms, ada cara untuk menghadapi balita yang aktif. Berikut tip dari beberapa Moms yang bisa Moms contek: 

  1. Singkirkan gaun

“Buang jauh-jauh pikiran memakai gaun saat mengajak si Kecil keluar rumah. Memakai gaun akan membuat kita jadi tidak leluasa mengejar si Kecil yang aktif ke sana ke mari. Lebih baik pakai baju  dan sepatu yang paling nyaman untuk bergerak.” 

(Moms Yohana, 28) 

  1. Rajin bersih-bersih

“Balita paling suka memasukkan benda ke mulut. Jadi pastikan rumah bersih dari barang-barang yang lebih kecil dari bola ping-pong. Kalau tidak, siap-siap saja ada huru-hara saat si Kecil menelan benda-benda yang tidak diinginkan.” 

(Moms Cholida, 30)

  1. Bawa ‘gudang’ camilan

“Jangan sekali pun membiarkan balita lapar karena amukannya bikin kita kewalahan. Lebih baik, selalu siapkan camilan favorit  untuk mengganjal perutnya.”

(Moms Hanifah, 27) 

  1. Beli kotak-kotak penyimpanan

“Setiap kali jalan ke mal, ada saja yang dibeli untuk si Kecil. Lucu-lucu mainan untuk anak ini. Makanya perlu beberapa kotak penyimpanan. Kotka ini pun penting untuk mengajak anak mulai belajar mengatur mainannya.”

(Moms Amelita, 30) 

  1. Cat ulang dengan anti noda

“Rumah layaknya kanvas bagi Si Kecil. Pusing. Berkali-kali diomelin, ya, terjadi lagi. Untung sekarang ada cat anti noda. Lumayan lahhh… karya seni ‘uniknya’ itu bisa dibersihkan atau setidaknya dibuat samar jejaknya.”

(Moms Debby, 29) 

  1. Buat cadangan kunci

“Anak terkunci di dalam rumah atau di kamar sendirian menjadi nightmares bagi para orang tua. Jadi, pastikan selalu ada kunci cadangan di rumah.”

(Moms Esti, 32)

  1. Stok cairan penghilang noda

“Tahu kan penyebabnya? Apalagi jika bukan untuk membersihkan noda dari baju balita. Ampun deh…. Tiap hari ada saja cara si Kecil membuat bajunya berlepotan kotoran dan noda. Dan, susah dihilangkan jika hanya memakai deterjen biasa.”

(Moms Winanti, 33)

  1. Yuk, dihafal

“Bukan soal sejarah atau pengetahuan. Moms harus tahu lagu dan karakter dari acara televisi atau film kartun favorit balita. Dan, hafalkan! Jangan kacaukan mood balita ini, hanya karena Moms tidak ikut nyanyi bersamanya atau tidak mengenal tokoh kesayangannya.”

(Moms Aida, 29)

  1. Siapkan banyak band-aids lucu

“Balita Kecil saya aktif sekali. Tapi, aktifnya ini memang membuatnya bisa jatuh atau terbentur. Sebenarnya sih tidak keras. Tapi, tangisannya bisa membuat rumah gegar. Cara cepat menghentikan luka fisik dan hatinya itu saya selalu menyiapkan perban berperekat warna-warni dengan gambar lucu. Tiup-tiup dulu, lalu tempel. Tangisan pun mereda.” 

(Moms Adiyani, 30) 

  1. Smartphone dengan super perlindungan

“Berinvestasilah dengan smartphone berkualitas layaknya pehobi olahraga ekstrem. Karena si Kecil bisa saja menjatuhkan atau memasukkan telepon ke dalam gelas atau bak mandinya. Jadi, pastikan ponsel yang harus tahan banting, tahan air dan punya perlindungan kuat ya Moms…”

(Moms Lulu, 30) 

^IK