Membacakan buku pada anak tidak hanya merupakan cara berkualitas untuk menghabiskan waktu bersama anak, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Anak-anak yang rutin dibacakan buku sedari dini akan memiliki tabungan kosa kata yang lebih banyak dan kemampuan literasi yang jauh di atas anak-anak yang jarang atau tidak pernah dibacakan buku oleh orang tuanya. 

Tahukah Moms, dikutip dari laman Ohio State University, bahkan hanya membacakan satu buku per hari pada anak, mereka akan mendengar 290,000 kata lebih banyak pada usia 5 tahun dibanding anak yang tidak pernah dibacakan buku. Anak-anak yang mendengar lebih banyak kosa kata ini akan punya pemahaman yang lebih siap ketika menemukannya dalam bentuk bacaan pada usia sekolah dasarnya nanti. 

Mungkin banyak orang tua yang berdalih, tidak hanya tidak punya waktu, tetapi juga tidak punya biaya untuk membeli buku-buku berkualitas untuk anak. Padahal, ada banyak lho, Moms, aplikasi perpustakaan daring yang menyediakan buku-buku elektronik berkualitas secara gratis. Apa saja? Mari disimak daftar 4 aplikasi membaca gratis buku anak berikut ini. 

Let's Read 

Let’s Read adalah perpustakaan digital yang dibangun oleh Asian Foundation bekerja sama dengan penulis dan kontributor dari 18 cabang mereka di berbagai negara. Moms dan si Kecil bisa menemukan berbagai judul cerita anak yang eksklusif dengan berbagai pilihan bahasa, mulai dari bahasa Indonesia, bahasa negara lain, hingga bahasa daerah! Let's’ Read ini gratis, Moms. Tema yang disajikan juga sangat luas dan sering mengangkat isu-isu sosial dan kaum marjinal yang jarang diangkat oleh buku anak lainnya. Aplikasi Let’s Read bisa Moms unduh untuk iOS maupun Android. Moms juga bisa membukanya langsung dari peramban. 

Eperpusdikbud 

Perpustakaan digital yang satu ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI dan Gramedia Digital. Tidak hanya buku cerita anak, Moms juga bisa meminjam buku-buku lain yang ada di database mereka. Moms bisa mengunduhnya untuk ponsel Android maupun Iphone. 

iPusnas 

Aplikasi Android dan iOS iPusnas merupakan aplikasi besutan Perpustakaan Nasional. Koleksi buku iPusnas ini sangat besar lo, Moms. Ada banyak sekali koleksi cerita anak dari berbagai penulis ternama Indonesia seperti Watiek Ideo atau Arleen A. 

Khans Academy Kids 

Mungkin Moms tahu Khans academy yang banyak menyediakan materi belajar interaktif dan permainan edukatif. 

Nah, tidak hanya itu, aplikasi yang bisa diunduh gratis di iOS dan Android ini juga punya perpustakaan digital dengan judul-judul yang menarik lo! Nah itu dia 4 aplikasi membaca gratis buku anak yang bisa Moms unduh untuk dibaca bersama si Kecil. Selamat Membaca!