Anak mulai merasa bosan karena harus selalu berada di rumah? Tenang, Mom! Banyak cara yang bisa dilakukan supaya anak tidak merasa jenuh. Moms bisa ajak si Kecil untuk nonton film bareng sambil santai di sore hari.  Seru, kan?

Ada banyak sekali film keluarga yang bisa dipilih untuk ditonton bersama si Kecil. Tapi, sebaiknya Moms memilih film yang tidak mengandung unsur romansa, melainkan yang banyak memberikan edukasi atau manfaat yang bisa dicontoh oleh si Kecil. 

Nah, berikut ini empat film keluarga yang sangat baik untuk ditonton oleh anak:

Keluarga Cemara

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga kecil yang  tinggal di salah satu daerah di Jakarta. Suatu hari, keluarga ini mendapatkan masalah yang datang secara tiba-tiba sehingga mengharuskan mereka untuk pindah ke salah satu desa yang berada di Bogor.

Kisah kehidupan di desa yang jauh dari kehidupan mereka sebelumnya di kota, tersaji dengan menarik. Sebagai orang kota, mereka harus berusaha untuk beradaptasi dengan segala hal yang mereka temui dan alami di lingkungan baru tersebut. 

Tak hanya itu, masalah demi masalah datang silih berganti menghampiri mereka. Namun, keluarga ini mampu menghadapi semua permasalahan tersebut dan tetap bertahan demi kebahagiaan mereka.

Cerita yang disuguhkan film ini  mengandung pelajaran menarik yang bisa Mom petik dan ajarkan pada anak. Film bisa mengajarkan anak untuk tidak menjadi pribadi yang egois, memahami dan mengerti keadaan orang tua, serta mensyukuri apa pun yang terjadi di dalam suatu kehidupan. 

Miracle in Cell No. 7

Sebuah film yang berasal dari negeri ginseng, atau Korea Selatan. Kisah dan pesan yang disajikan dalam film ini mungkin bisa menguras air mata si Kecil. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang ayah berumur 40 tahun yang memiliki tingkat kecerdasan sangat rendah sehingga ia tidak bisa berperilaku layaknya laki-laki dewasa pada umumnya. Pria ini memiliki seorang anak perempuan berumur 6 tahun yang harus dia asuh sendiri tanpa pendamping seorang istri. 

Malangnya, karena sebuah kejadian yang menimpa seorang anak, dia menjadi tersangka atas perbuatan yang tidak pernah ia lakukan. Tanpa bisa membela diri, ia harus mendekam di dalam penjara. 

Film ini menunjukkan bagaimana perjuangan orang tua untuk membahagiakan anaknya, serta rasa kasih sayang yang begitu besar, sampai rela mengorbankan apa pun demi buah hati tercinta. Sebuah film yang sangat mengharukan dan memberi banyak pelajaran berharga untuk Moms dan si Kecil. 

Nanny McPhee

Sebuah film fantasi yang bercerita tentang seorang suster pengasuh yang harus menghadapi anak-anak yang sangat jahil dan nakal. Mereka tidak pernah mendengarkan apa pun yang diucapkan oleh Nanny McPhee, bahkan ayah mereka sekalipun. Walaupun ada beberapa adegan yang menggambarkan tingkah polah kenakalan anak kecil yang tidak baik untuk ditiru, namun film ini sarat pesan positif. Salah satunya menyampaikan pesan kepada anak bahwa orang yang berperilaku baik pasti akan mendapatkan balasan yang baik pula. Sedangkan orang yang sering berbuat jahat, maka akan dibalas oleh hal yang bisa merugikan dirinya.

Petualangan Sherina

Mom  pasti sangat familiar dengan film ini.  Tidak perlu dijelaskan dengan rinci, pasti saat ini Mom sedang memutar film ini. Betul kan? Petualangan Sherina memang sangat terkenal pada masanya, bahkan mungkin sampai sekarang. 

Fillm ini menggambarkan tentang keberanian dan kecerdasan seorang anak perempuan yang berani melawan dominasi anak laki-laki. Film ini juga memberikan gambaran atau peringatan kepada anak tentang akibat buruk yang akan terjadi jika mereka tidak mendengarkan atau mengindahkan perkataan orang tua. Pesan yang ingin disampaikan film ini adalah nasihat yang disampaikan oleh orang tua bertujuan baik untuk anaknya. 

Dari keempat pilihan, kira-kira film apa yang akan Mom tonton bersama si Kecil?