Apakah si Kecil sudah mengemukakan keinginannya untuk tidur sendiri? Wah, kalau begitu Moms dan Dads harus segera menyiapkan kamar untuknya selagi si kecil antusias memulai petualangannya tidur sendiri. 

Apa saja sih yang harus diperhatikan saat menyiapkan kamar anak? Yuk, disimak bersama tipsnya berikut ini. 

Sederhanakan

Saat menyiapkan kamar tidur si Kecil, prinsip utama yang harus Moms pegang adalah sederhanakan. Jangan terlalu banyak furnitur di dalamnya. Pasalnya, usia anak-anak adalah usia bermain dan ruangan yang lega akan memfasilitasi mereka untuk bebas bermain. Kamar yang terlalu penuh sesak juga akan mengganggu ruang gerak anak yang masih membutuhkan banyak aktivitas motorik kasar. 

Fokus pada aktivitas bermain 

Tidak ada yang lebih penting dibandingkan aktivitas bermain bagi anak-anak. Bisa dibilang bermain adalah agenda utama hidup mereka. Kamar yang memfasilitasi hal ini akan membuat si Kecil betah di dalamnya. Sediakan area lantai yang bisa digunakan untuk anak-anak bermain. Pilihlah rak-rak mainan yang mudah si Kecil jangkau. Moms juga bisa meletakkan papan tulis di dalam kamar untuk anak berkreasi dengan tangan mungilnya. Jika ruangannya cukup lega, fasilitas untuk memanjat dan ayunan di dalam kamar juga bukan ide yang buruk! 

Berkreasi dengan warna 

Anak-anak senang dengan beragam warna. Saat menyiapkan kamar anak, pemilihan warna yang cerah dan berwarna-warni akan jadi daya tarik bagi si Kecil. Mengajak si Kecil untuk memilih warna yang dia inginkan untuk kamarnya juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. 

Selipkan kesukaan anak 

Setiap anak punya kesukaannya sendiri, entah kuda poni, unicorn, kapal, atau mobil. Menyelipkan unsur kesukaan anak saat menyiapkan kamar akan meningkatkan rasa kepemilikan anak terhadap kamarnya. Melibatkan anak mengikuti seleranya saat memilih furnitur atau item-item fungsional di kamarnya akan menjadi kenangan yang berkesan untuk si Kecil dan membuatnya merasa bangga terhadap kamarnya. 

Nah itu dia beberapa tip menyiapkan kamar anak yang bisa Moms coba. Jangan lupa untuk menentukan dan patuh dengan bujet yang telah dibuat ya, Moms. Hal ini supaya tidak kalap saat belanja printilan kamar anak yang lucu-lucu. Semoga bermanfaat.