Kemenangan pebulutangkis ganda puteri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pada ajang bergengsi final cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020, tak hanya membuat babak baru dalam sejarah olahraga Indonesia. Kemenangan ini membuat olah raga bulu tangkis naik daun lagi di Indonesia.

Olahraga bulu tangkis atau juga dikenal dengan badminton memang popular di Indonesia. Olahraga ini mampun meningkatkan stamina fisik dan kesehatan. Bulutangkis juga termasuk olahraga permainan yang menyenangkan untuk dilakukan. Tidak memerlukan biaya tinggi. Bagi amatir, cukup memakai raket dan shuttlecock (bola bulu tangkis) yang harganya hanya puluhan ribu. Dan bila tak ada raket, jangan khawatir. Moms bisa memanfaatkan sisi triplek dan kayu untuk bermain. Anak bisa memainkannya juga.  Ini yang disebut bermain tektokan. 

Ternyata bagi anak-anak, bulutangkis memberikan manfaat bagus untuk tumbuh kembangnya, Moms.  Simak sejumlah manfaat si Kecil dengan bermain bulu tangkis:

Mengembanglan Kordinasi dan Fungsi Fisiologis Anak

Dengan rutin bermain bulu tangkis, tubuh si Kecil  dapat mengembangkan koordinasi fisik secara bertahap. Olahraga ini juga membantu menguatkan beberapa bagian tubuh anak agar bertumbuh dengan baik. 

Olahraga bulu tangkis melakukan memukul shuttlecock atau kok dengan menggunakan raket. Agar berhasil memukul kok, si Kecil harus selalu menjaga mobilitas tubuhnya, menjaga jarak yang baik dari kok, dan membuat postur pukulan yang benar untuk memukul kok ke lawannya dan menerima lemparan kok dari lawan. 

Dengan melakukan ini, si Kecil akan menyadari tubuhnya, kemampuannya, dan keterbatasannya. Ini adalah bagian integral dari pembelajaran psikomotoriknya. Selain itu ia juga akan belajar tentang kesadaran fisik dan persepsi ruang.

Membangun Kekuatan Otot Anak

Pilihan olahraga ini juga bagus  membangun otot anak dan kekuatan anak.  Untuk tubuh bagian atas, misalnya dengan memukul kok, melakukan rotasi panggul, dan beberapa gaya gerak ini membanhun kelompok otot inti. 

Untuk tubuh bagian bawah, otot dan kekuatan si Kecil terbangun berkat bulu tangkis membuatnya melakukan akselerasi, perubahan arah, melompat, mempertahakan daya tahan tubuh. 

Dengan adanya latihan penguatan kekuatan otot akan  memungkinkan si Kecil mempelajari konsep keseimbangan. Ini sangat penting untuk perkembangannya. Bermain bulu tangkis  memang membuat anak berusaha harus selalu seimbang, seperti kaki kiri dan kanan harus terus bergerak untuk menopang tubuh, melompat dan mengejar kok.

Mengembangkan Visi Anak

Moms ingin si Kecil berolahraga yang bisa melatih konsentrasinya? Nah, salah satu olahraga terbaik untuk melatih konsentrasi si Kecil adalah bulu tangkis. Saat anak melakukan servis  dan menerima servis bola dari lawan,  arah bola yang dipukul itu selalu memiliki lintasan yang berbeda.  Lintasan terbang kok dapat lurus atau melengkung, menyilang atau tidak menyilang. 

Saat menganalisa lintasan gerak shuttlecock, si Kecil perlu fokus untuk menguji penglihatannya.  Dengan demikian si Kecil  Moms akan mengembangkan kemampuan visual yang lebih baik. 

Perkembangan Pskilogis dan Sosial Anak

Selama bermain dan berolahraga bulutangkis, si Kecil secara tidak langsung memberikan manfaat meningkatkan perkembangan mentalnya. 

Bulu tangkis adalah olahraga tim.  Si Kecil akan berlatih dengan orang lain secara tatap muka sepanjang waktu. Di sini, ia akan mengembangkan otonominya sendiri dan membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Keputusan ini akan membentuk harga diri dan otonominya. Ini adalah bagian penting dari pertumbuhan mental si Kecil. 

Dalam manfaat sosial? Sudah pasti olahraga memberi pengaruh baik. Apalag ini olahraga yangt tidak bisa dilakukan sendirian. Dengan bermain bulutangkis akan menciptakan hubungan sosial si Kecil, di sekolah maupun di  lingkaran kehidupan sosial di luar sekolah. Ia akan memahami kinerja fisik dan perannya dalam kelompok.

Jadi, yuk, Moms, segera membelikan raket dan kok untuk si Kecil untuk mendapatkan manfaat fisik, mental dan sosialnya.