Saat pandemi seperti ini memang ada baiknya untuk kita menjaga keluarga agar stay safe at home, apalagi bila memiliki anak, sudah pasti sangat membatasi kegiatan di luar rumah. Nah untuk menghindari kejenuhan pada anak di rumah, yuk simak beberapa aktivitas di dalam ruangan. 

Membersihkan rumah

Biasanya anak menyukai kegiatan bermain dan menonton tv, namun anak juga mempunyai naluri  ingin membantu pekerjaan orang tuanya di rumah. Karena itu, kegiatan pertama bersama anak yang bisa dilakukan bersama adalah membersihkan rumah. Berbagi peran di rumah mengajarkan kemandirian pada anak. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan sambil mendengarkan musik kesukaan si Kecil lho, Moms.  

Memasak 

Tidak hanya anak perempuan yang boleh memasak,  anak laki - laki juga boleh.  Membantu memasak atau menyiapkan makanan  bisa melatih fokus pada anak. 

Bermain bersama

Ada beberapa permainan indoor yang tidak akan membosankan yaitu  merakit kardus dengan beragam bentuk,  karena aku hampir setiap hari membuat kreativitas dari kardus ini bersama anak dengan menggunting dus dan melipatnya menjadi bentuk rumah, robot, binatang, karakter kartun, huruf, angka dan bentuk makanan. Permainan ini juga dapat melatih kreativitas pada anak. 

Mendongeng

Siapa sih anak yang tidak suka dibacakan dongeng.  Nah,  membacakan dongeng pun tidak hanya ketika waktu menjelang tidur saja  Moms,  namun dapat dilakukan ketika jam bermain anak sambil dibuatkan karakter di dalam dongeng dengan bentuk boneka jari ataupun bayangan tangan kita di tembok. 

Bernyanyi sambil menari

Pada masa pandemi ini tidak hanya kegiatan bermain anak yang harus dilakukan di dalam ruangan, tapi juga kegiatan belajar mengajar, sehingga bernyanyi sambil menari bisa menjadi alternatif untuk memancing anak belajar. Caranya dengan menjadikan lagu beberapa pelajaran yang sedang didalami anak,  misal sedang belajar membaca,  dapat dinyanyikan lagu ABC. 

Menggambar dan mewarnai 

Wah,  ini merupakan kegiatan favorit semua anak karena dapat menyalurkan berbagai macam bentuk imajinasi mereka dan mengenal banyak warna. 

Mandi bola 

Permainan ini tidak hanya bisa dilakukan di wahana khusus kok.  Kita dapat membuatnya sendiri di rumah dengan kolam renang buatan atau pun bak mandi. 

Semoga beberapa kegiatan ini menjadi cara alternatif untuk menghilangkan kebosanan anak di rumah ya Moms. Selamat mencoba Moms.