Anak dengan berat badan kurang kerap menjadi kekhawatiran banyak orang tua, mungkin termasuk Moms. Berbagai upaya pun dilakukan Moms untuk meningkatkan berat badan si Kecil. Sayangnya, upaya ini tak selalu berhasil, berat badan anak tetap saja tidak mencapai angka yang diharapkan. Apa yang harus dilakukan? Pertama, jangan khawatir. 

Ada banyak sebab anak dengan berat badan kurang atau bertubuh kurus, Moms, yang paling umum adalah kurangnya asupan energi. Untuk tumbuh optimal, anak membutuhkan kalori yang berasal dari asupan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Nah, jika si Kecil kekurangan berat badan, itu pertanda mereka kemungkinan tidak mendapatkan cukup kalori. 

Sebab anak kurus 

Kok, bisa anak tidak mendapatkan cukup kalori? Bisa, Mom. Salah satu penyebabnya karena anak susah makan atau  picky eater alias pilah-pilih makanan, sehingga gizi yang masuk ke dalam tubuhnya pun terbatas. 

Pada webinar yang diadakan Moms ID yang bertajuk Menghadapi Anak yang Susah Makan, dr. Ade Indrisari Sp.A, M. Kes mengatakan bahwa sebenarnya pilih-pilih makanan adalah hal normal bagi batita. 

“Setelah pertumbuhan masa bayi yang pesat, ketika berat bayi biasanya tiga kali lipat pada usia 1 tahun, laju pertumbuhan balita dan nafsu makan akan cenderung menurun,” kata dr. Ade. 

Nah, untuk memastikan apakah berat badan si Kecil sudah ideal atau belum, dr. Ade menyarankan para Moms untuk memeriksa berat badan yang sehat untuk usia, tinggi badan dan jenis kelamin mereka.  Moms dapat memantau pertumbuhan anak dengan menggunakan kurva pertumbuhan WHO. 

“Misal, anak Moms laki-laki, berusia 45 bulan, berat 13,10 kg, tinggi 98 cm. Apakah berat badan anak ideal? Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO, berat badan anak sedikit kurus, cuma masih dalam batas normal,” jelas dr. Ade. Menurut dr. Ade yang terpenting adalah grafik pertumbuhan anak yang perlu diperhatikan, apakah naik atau turun, dan perkembangan atau kepintarannya sesuai dengan usianya. 

Perbaiki pola makan 

Jika Moms telah mengetahui berat badan anak kurang ideal, Moms bisa berkonsultasi pada dokter untuk mencari tahu tentang kemugkinan penyebabnya. Jika penyebabnya karena  anak  yang susah makan, dr. Ade menyarankan untuk mengatasinya dengan cara berikut:

Tidak boleh ada gangguan media seperti TV atau ponsel pada waktu  makan. Gunakan waktu ini untuk memberi contoh pola makan. 

Jika si Kecil menolak makanan sekali, jangan menyerah. Moms bisa menawarkan lagi makanan tersebut. Anak membutuhkan waktu 10 kali atau lebih untuk mencicipi  makanan sebelum mnerima makanan tersebut. 

Makanan sehat bergizi seimbang 

Menurut angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan, rata-rata kebutuhan kalori anak 1-3 tahun adalah sekitar 1.125 kalori per hari. 

Berikut panduan makanan sehat bergizi seimbang: 

“Bagi anak yang small eater, bisa menambahkan nutrisi/ susu berkalori tinggi dengan komposisi lengkap dan seimbang. Contoh susu dengan kalori tinggi adalah yang memiliki kalori 1,3/ml atau 270 kkal dalam setiap gelasnya,” jelas dr. Ade. 

Nah, salah satu susu yang padat nutrisi adalah Blenuten®, Moms. Blenuten® merupakan suplemen nutrisi untuk melengkapi asupan makanan pada anak agar pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasannya tepat dan memadai. Mengandung protein whey berkualitas tinggi untuk membantu anak mencapai tinggi dan berat badan idealnya.

Setiap 2 porsi Blenuten® menyajikan 20% asupan protein harian, 70% vitamin C, 50% kalsium, 100% selenium, Biotin, 30% zat besi, dan 40% zinc.

Dengan komposisi yang padat energi tersebut, Blenuten® sangat tepat dikonsumsi saat anak membutuhkan nutrisi tambahan, Moms,  misalnya, saat asupan anak tidak seimbang karena susah makan. Atau, saat anak sakit, dalam masa pemulihan, dan ketika anak memiliki aktivitas yang tinggi sehingga menguras energi. 

Bagaimana dengan rasa? Tidak perlu khawatir Moms.  Blenuten® memiliki rasa vanilla yang disukai anak-anak. Tapi si Kecil tidak suka minum susu? Enggak masalah, Moms, Blenuten® bisa ditambahkan ke dalam makanan favorit anak, sehingga menambah kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Dengan demikian berat badan anak bisa meningkat,  tumbuh kembangnya pun optimal. 

Blenuten®, extra vitality to make their world bigger.