Bepergian dengan Si Kecil, apalagi masih usia balita, bisa menjadi  bukanlah liburan jika tanpa persiapan. Begitu pula saat membawa si Kecil bepergian naik pesawat. Meski hanya beberapa jam, ini bisa menjadi seperti ‘neraka’ bila si Kecil rewel, tidak bisa diam, apalagi menangis hingga menjerit-jerit.  Atau, ada pula yang muntah.

Rasanya ratusan penumpang lainnya seolah tertuju kepada Moms: “Orang tuanya bagaimana, sih? Masa nggak bisa bujuk anak sendiri?”

Memang polah si Kecil kadang tidak ditebak. Tapi, jika Moms mempersiapkannya, mudah-mudahan bepergian dengan pesawat bersama si Kecil ini akan menyenangkan. 

Seperti kotak P3K untuk pertolongan pertama pada kecelakaan, makan barang-barang di bawah ini perlu Moms kemas dalam tas atau backpack sendiri untuk kenyamanan bepergian dengan si Kecil:

Botol air kosong 

Di pesawat ada aturan, tidak boleh membawa cairan lebih dari 100ml. Nah, Moms bawa botol air kecil ramping yang sengaja dikosongkan. Nanti tinggal Moms isi dengan air di pesawat atau di area yang disediakan di ruang tunggu. 

Kotak makan anak

Coba tetap siapakan makanan yang sehari-hari si Kecil makan di rumah. Kemas dalam tempat makan yang memiliki sekat agar tidak tercampur-campur yang mengurangi penampilannya. Memberi si Kecil makanan ringan tinggi gula dan penyedap, seperti permen atau mie instan bisa jadi menjadi pemicu masalah, seperti membuatnya mual atau muntah.

Camilan ringan  

Cheerios, pretzel, kerupuk, kacang-kacangan, keju string, dan granola bar adalah pilihan yang baik bagi si Kecil.

Headphone

Bawa headphone ukuran anak yang dapat dilipat. Cek volume suara sesuai dengan batas pendengaran anak-anak sewaktu ia memutar acara favoritnya.  

Tablet

Tidak semua pesawat memberikan fasilitas channel televisi, apalagi untuk kelas ekonomi. Untuk entertainment si Kecil, daripada menyetel lewat handphone, lebih baik Moms membawa tablet,  seperti iPad, Samsung Tab, atau Mate Pad dari Huawei. Lebih nyaman untuk mata si Kecil. Pastikan terisi daya dan siap sebelum penerbangan

Pakaian ekstra

Apapun bisa terjadi saat membawa si Kecil. Ia menumpahkan air ke baju, makan berlepotan, muntah atau celananya basah saat ke kamar mandi. Cari bahan yang paling ringan dan praktis untuk dikemas.  

Popok

Selain di dalam koper, popok ini tetap disiapkan di tas  keperluan si Kecil. Saat ganti di toilet, minta plastik pada pramugari untuk sampah popok. Mereka biasanya punya tas atau kantong khusus. Atau Moms bisa siapkan plastik khusus sendiri. Ikat erat, lalu tanyakan kepada awak pesawat tempat terbaik untuk membuangnya. Ini agar bau dari buangan yang ditinggalkan di  popok si Kecil itu tidak mencemari udara di toilet pesawat. 

Tisu basah dan kering

Ini wajib bawa. Mulai dari membersihkan wajah, tangan yang lengket hingga untuk  penggantian popok. Sangat berguna, tapi gunakan secukupnya ya Moms…

Tisu sanitasi atau mini disinfektan

Walaupun pandemi COVID-19 sudah menurun, Moms tetap saja harus bersiaga membersihkan area yang mungkin membuat si Kecil terkontaminasi. Bersihkan area seperti kursi  pesawat, sandaran tangan, jendela (Si kecil hobi menempelkan wajah biasanya), dan meja pesawat. 

Tas Ziploc Ekstra

Tas ini bisa berguna untuk membereskan sisa makanan, pakaian kotor, sesuatu yang tidak sengaja basah, popok kotor dan banyak hal lainnya.

Stiker dan bukunya

Khusus untuk balita, buku ini bisa memberikan banyak hiburan. Plus, poin bonus untuk melatih keterampilan motorik halus si Kecil. Setiap halaman stiker diikuti halaman bagi si Kecil dapat menempatkan stiker.

Buku cerita

Buku kecil dan ringan untuk pengantar tidur. Berguna sekali  jika jam penerbangan cukup panjang dan melintasi waktu tidur anak.  

Kegiatan mewarnai

Bawa krayon, pinsil warna dan buku mewarnai dengan gambar favoritnya. Ini salah sati aktivitas  agar si Kecil tetap betah di tempat duduknya.

Mainan favorit

Boneka, mobil-mobilan atau action figure kesayangan si Kecil. Tapi, minta si kecil memilih ukuran yang paling kecil agar mudah dikemas dan tidak tertinggal. 

Moms pilih tas yang bisa mengemas semua barang itu. Jangan terlalu besar. Cari yang mudah dibuka dan memiliki organisasi atau sekat-sekat untuk memudahkan pengaturan. Dan, di kabin pesawat, pastikan posisinya mudah dijangkau oleh Moms. 

^IK