Wabah virus Covid-19 mengharuskan Mom dan keluarga untuk tetap berada di rumah demi mencegah penyebaran yang lebih luas. Tidak bisa dipungkiri, berhari-hari bahkan kemungkinan bisa beminggu-minggu menghabiskan waktu di rumah, tentunya akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Begitu juga yang dirasakan oleh si Kecil. Keseharian si Kecil yang biasanya padat di sekolah dan luar rumah, mulai dari belajar hingga  bermain bersama teman-temannya, seperti bermain sepak bola, lompat tali, bersepeda, dan lainnya, kini tidak bisa lagi ia lakukan. 

Lalu, bagaimana caranya agar si Kecil tetap bisa seru bermain walaupun tidak dapat keluar rumah? Mudah, kok, Moms! Untuk mengusir kebosanan, Moms bisa ajak si Kecil bermain permainan yang menyenangkan sekaligus memiliki nilai edukasi. 

Nah, berikut ini ada tiga jenis permainan seru yang mampu melatih konsentrasi, kreativitas, sekaligus kemampuan berpikir si Kecil!

 

  • Scrabble

 

Permainan ini benar-benar mampu mengasah otak si Kecil. Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Aturan permainannya sederhana, Moms dan si Kecil diharuskan mengisi kosa kata dengan huruf-huruf yang sudah ada pada papan scrabble dan huruf yang telah dimiliki. Mudah, bukan? 

Moms dan si Kecil bisa memilih ingin bermain scrabble menggunakan kosa kata dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sebenarnya, apa pun bahasa yang dipilih, permainan ini sangat bermanfaat untuk menambah kosa kata baru yang dimiliki anak, dan memperluas pengetahuannya. Jika si Kecil lebih memilih bermain dengan menggunakan bahasa Inggris, maka hal ini akan semakin memberikan banyak dampak positif untuknya. Tidak hanya menambah dan memperluas kosa katanya, tetapi dia juga bisa berlatih atau membiasakan diri mengenal serta memahami bahasa asing. It’s a good choice, Moms!

 

  • Lego

 

Pasti Moms sudah paham benar  cara bermain lego. Permainan yang cukup sederhana, namun tetap mampu menguras konsentrasi dan meningkatkan kreativitas. Lego terdiri dari berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna. Walaupun terlihat sederhana, tetapi nyatanya kepingan-kepingan Lego ini bisa dijadikan sebagai suatu karya yang luar biasa, Moms.

Mungkin awalnya si Kecil akan sedikit kebingungan saat menyusun berbagai kepingan Lego yang ada di hadapannya. Tetapi, jika dia sudah terbiasa, maka lama kelamaan dia akan mampu menyatukan dan membuat seluruh kepingan tersebut menjadi bentuk yang sesuai. Atau bahkan, dia bisa menghasilkan karya yang luar biasa dari kepingan-kepingan Lego tersebut. 

 

  • Jenga

 

Mungkin permainan ini masih agak asing terdengar di telinga Anda. Jenga adalah permainan menyusun balok kecil, yang sangat sering dimainkan oleh masyarakat di Korea Selatan. Permainan ini benar-benar membutuhkan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi. Karena dalam permainan ini, Moms dan si Kecil diharuskan untuk menyusun balok kecil agar menjadi susunan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Namun, balok yang akan diletakkan di bagian paling atas, harus diambil mulai dari susunan bagian ketiga dari atas. Sehingga, semakin banyak balok yang diambil dan diletakkan di bagian paling atas, maka jumlah susunan balok bagian bawah akan semakin sedikit dan keseimbangannya pun berkurang.

Nah, di sinilah tugas Moms dan si Kecil untuk menjaga agar susunan balok-balok tersebut tidak terjatuh. Jika di tengah-tengah permainan, susunan balok tersebut hancur, maka permainan harus dimulai kembali dari awal. Maka dari itu, permainan ini diyakini bisa melatih tingkat konsentrasi dan kesabaran anak. 

Setelah mengetahui tiga jenis permainan seru yang bisa mengedukasi seperti di atas, kira-kira permainan mana yang akan Moms pilih? Apa pun pilihannya, selamat bersenang-senang ya, Moms.