Mendekati akhir tahun, sekolah-sekolah TK mulai membuka pendaftaran untuk siswa baru tahun ajaran depan. Apakah Moms sedang mempertimbangkan untuk memasukkan si Kecil ke sekolah TK juga?

Eits, tunggu dulu Moms, sebelum memasukkan si Kecil ke sekolah pertamanya, pastikan si Kecil sudah siap untuk bersekolah. Pasalnya, kesiapan sekolah tidak selalu seiring dengan usia anak. Makanya, sebelum mendaftarkan anak ke sekolah, pastikan si Kecil sudah menunjukkan 5 tanda anak siap sekolah menurut American Academy of Pediatrics (AAP) berikut ini. 

Perkembangan sosio-emosional yang matang 

Untuk menilai kesiapan si kecil sekolah, Moms harus memperhatikan perkembangan sosio-emosionalnya terlebih dahulu. Apakah si Kecil sudah bisa berkomunikasi dengan baik, bisa mengekspresikan emosinya dengan aman dan nyaman, dan tentu saja sudah sanggup berpisah dari orang tuanya. 

Sudah toilet training 

Rentang belajar di taman kanak-kanak bervariasi antara 3 hingga 6 jam. Makanya, penting bagi anak yang akan masuk sekolah TK untuk lulus toilet training terlebih dahulu. 

Perkembangan sensori yang baik 

Tanda anak siap sekolah berikutnya adalah perkembangan sensorik dan motoriknya yang sesuai usia. Maksudnya, anak sudah mampu untuk menggunakan semua indra yang dimilikinya untuk mengeksplorasi dunia sekitarnya.

Bisa mendengarkan dan mengikuti instruksi 

Jika anak sudah bisa mendengarkan orang lain ketika bicara dan mengikuti instruksi, itu adalah salah satu tanda anak siap sekolah. Apabila anak masih kesulitan mengikuti instruksi dan mendengarkan orang tuanya sendiri, bagaimana mungkin anak bisa mengikuti kegiatan di sekolahnya dengan baik, bukan? 

Menunjukkan antusiasme belajar 

Pada usia 4-5 tahun, anak biasanya sudah menunjukkan ketertarikan pada bentuk, angka, dan huruf-huruf yang ada di sekitarnya. Anak juga biasanya menunjukkan rasa ingin tahu yang besar tentang lingkungan sekitarnya. Anak yang sudah siap sekolah juga akan menunjukkan antusiasme belajar hal-hal baru. 

Wah, ternyata ada banyak hal yang harus dicek selain usia saat melihat tanda anak siap sekolah ya, Moms. Bagaimana, apakah kira-kira si kecil sudah siap untuk sekolah pertamanya?