Tujuh puluh persen permukaan bumi yang kita cintai ini terdiri dari lautan. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang dikelilingi laut bahkan berbatasan dengan samudera luas. Ini menjadikan laut sangat penting bagi kita, juga masa depan anak-anak kita. 

Laut yang bersih, bebas dari pencemaran merupakan biota bagi kehidupan hewan-hewan laut. Ikan, udang, cumi-cumi, rumput laut dan berbagai sumber protein penting lainnya hidup di lautan. Mengajak anak mencintai laut sangat penting untuk kesehatan bumi di masa mendatang. Berikut adalah beberapa cara menyenangkan untuk mengajari anak-anak Moms tentang konservasi laut:

Dekati lewati buku

Bagikan tentang indahnya dan pentingnya lingkungan laut dan isinya kepada anak lewat buku. Saat membaca buku-buku tentang kehidupan laut, rasa ingin tahu  dan simpati mereka meningkat terhadap kehidupan laut. Ada banyak buku tetang alam laut dan hewan-hewan laut yang bisa memesona anak. Pilih buku dengan pengetahuan yang baik dengan gambar menarik dan berwarna-warni. Bagi anak-anak yang masih batita atau balita akan lebih seru lagi jika berikan berupa pop up book atau lift and flap book. Cumi yang tiba-tiba muncul saat  membuka halaman, atau udang yang terlihat dibalik batu saat gambar batu diangkat, akan membuatnya ingin lagi dan lagi membaca atau minta Moms membacakan buku ini.   

Beri mainan yang berhubungan dengan kehidupan laut

Belikan mainan  yang berhubungan dengan kehidupan laut, seperti mainan beraneka bentuk ikan atau aneka bentuk hewan laut. Kenalkan si Kecil nama-nama hewan atau ikan laut ini. Ajaklah ia juga bermain bersama dengan mainan tersebut. Seperti, menaruhnya di baskom mini. 

Lalu, Moms bercerita tentang ikan paus yang menjadi raja, yang sedang bermain dengan udang atau kepiting. Minta si Kecil mengambil hewan laut ini agar ia mengenal lebih dekat. 

Bermain dengan mainan  otomatis mengembangkan emosi anak dengan hewan laut tersebut. Anak-anak mengembangkan ikatan dengan hal-hal favorit mereka. Gunakan kesempatan ini untuk mengajari tentang konservasi laut, seperti ikan butuh terumbu karang untuk hidup, paus butuh lautan yang luas dan bersih supaya bisa berenang bebas. 

Lihat film dokumenter terkait kehidupan laut 

Film dokumenter tentang laut menjadi cara paling mudah bagi anak melihat visualisasi kehidupan nyata di lautan. Mengingat usianya yang masih kecil, pilihlah film documenter yang lebih bersifat mengenalkan. Jangan belum apa-apa Moms sudah sodorkan film dokumenter tentang laut yang tercemar atau tentang pemburuan ikan paus. Boleh…tapi tunggu hingga si Kecil mengenal dan memiliki kecintaan dengan laut terlebih dulu. Untuk usianya, lebih baik bagikan keceriaan dulu. 

Berkunjung ke Sea Aquarium

Mengunjungi akuarium akan membantu anak lebih dekat dengan hewan laut. Anak akan melihat bentuk senyatanya dari hewan-hewan yang tadinya ia lihat di buku atau di film.   Aquarium laut juga biasanya dengan pihak konservasi laut. Sehingga di sini ada beberapa atraksi yang mengajak anak-anak untuk peduli kepada kelestarian laut dan hewan laut. Dan beberapa juga memiliki kolam sentuh, sehingga anak-anak berkesempatan anak untuk menyentuh beberapa hewan laut.  

Yuk, ke pantai

Ajak si Kecil ke pantai. Pergi ke pantai bukan hanya untuk bersenang-senang. Moms  dapat mengajari mereka tentang pentingnya laut dan kehidupan laut. Bila plastik, bekas botol air minum yang beserakan di pantai, ajaklah anak untuk memungutnya, mengumpulkannya dan membuangnya ke tempat sampah. Di sini Moms bisa berpeluang menjelaskan bahayanya palstik bagi ikan-ikan di laut. 

Jika memungkinkan, beri pengalaman bawah air

Indonesia adalah surganya bagi terumbu karang dan hewan laut yang eksotis. Jika Moms memiliki kesempatan untuk menyelam di bawah laut bersama anak, lakukanlah. Si Kecil akan takjub dengan pemandangan kehidupan bawah laut  yang indah. Ini akan membuat anak terhubung dengan kehidupan laut. Mereka pun akan lebih tertarik untuk belajar keterampilan untuk aktivitas laut, seperti berenang dan menyelam.