Selain belajar membaca dan berhitung, pengenalan pada berbagai profesi juga penting untuk diketahui anak.  Bukan hanya materi pembelajaran yang didapat dari sekolah, partisipasi juga sangat dibutuhkan untuk kenalkan berbagai profesi serta pekerjaan yang dibutuhkan. Lebih banyak mengenal aneka profesi,  mereka akan semakin banyak tahu tentang cita-citanya kelak.  Jika ia banyak mengetahui macam-macam profesi, hal tersebut akan memotivasinya untuk mencapai pencapaian cita-cita. Dengan begitu si Kecil mungkin saja rajin belajar. 

 

Di sisi lain, kompilasi keyakinan diakui banyak profesi, dinyanyikan Anak-anak dapat diterima setiap profesi yang ada. Diharapkan mereka bisa menghargai orang lain tanpa memandang perbedaan. Lalu, bagaimana cara mengenalkan profesi pada anak : 

 

Ajarkan secara bertahap 

Mengenalkan berbagai profesi untuk anak-anak dapat langsung memenangkan semua dalam waktu singkat. Akan lebih baik mengenalkannya dengan cara bertahap, salah satunya melalui apa yang dia lihat di suatu tempat. Misal : Saat Moms pergi naik pesawat terbang bersama anak, dari situ Moms jelaskan tentang profesi seorang pilot atau pramugari yang ia temui. Dengan memberi informasi ringan tentang profesi yang diperoleh langsung, ia akan membahas tentang jenis profesi serta perannya. 

 

Membacakan buku cerita 

Ada banyak buku bacaan anak yang dibaca berbagai hal. Salah satunya menggambarkan dan menampilkan berbagai cerita tentang profesi. Moms sendiri pun bisa meluangkan waktu untuk membaca buku cerita atau dongeng agar bisa mengingat dan menjaga kualitas dari bukunya. 

 

Melalui gadget anak bisa 

Di zaman sekarang ini sudah banyak teknologi canggih. Nah, Moms bisa memanfaatkannya. Sii Kecil dapat belajar dengan aplikasi di komputer atau ponsel. Terdapat beragam aplikasi game edukasi yang bisa mengembangkan mereka. Anak akan belajar mengenal banyak macam profesi, tugas-tugasnya, hingga alat yang dipakai. Namun pastikan saat menggunakan gadget ini, si Kecil dalam pengawasan Moms ya. 

 

Mengajak anak terjun langsung 

Mengajak anak terjun langsung bisa dilakukan oleh Moms dari hal kecil. Salah satunya membawa anak ikut memasak di dapur. Ia pun memakai celemek dan topi koki, mengambil kesempatan melihat Moms memasak atau membuat kue serta menerima aneka peralatan memasak yang merupakan pelajaran berharga. Dari situ ia mengetahui profesi seorang koki.  

 

Kenalkan secara langsung 

Jika usia anak sudah siap menerima pelajaran, maka mengenalkan profesi juga bisa dilakukan secara langsung. Karena mereka akan belajar saat melihat sesuatu yang nyata ada di hadapannya. Moms bisa mengundang salah satu profesi yang mudah ditemui, misalkan saat imunisasi anak di rumah sakit, Moms bisa mengenalkan pada anak satu per satu profesi yang ada di sana, seperti dokter, perawat, keamanan dan lain-lain.  

 

Meminta anak praktik 

Saat bermain di rumah, Moms bisa memintanya untuk  mempraktikkan profesi pekerjaan yang ia tahu. Misal; ia sudah melihat langsung bagaimana cara kerja dokter saat ia ke rumah sakit. Dari situ ia bisa melakukan peran menjadi dokter dengan menggunakan mainan dokter-dokteran. 

 

Nah, Moms sudah tahu kan cara memperkenalkan berbagai profesi pada ai Anak menak? Dengan memperkenalkan berbagai profesi dengan baik, pengetahuan dan referensi anak menjadi bertambah.