Ketika buah hati demam, untuk memastikan suhu tubuhnya, pastinya Moms menggunakan termometer untuk mengukur suhunya. Suhu tubuh normal pada bayi berkisar antara 36,5 – 37,2 oC. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan di beberapa tempat yaitu pada dahi, mulut, ketiak dan dubur bayi. Namun yang patut diperhatikan, jangan mengukur suhu sehabis mandi. Karena, suhu yang terekam akan lebih rendah daripada kondisi sebenarnya. Dikatakan terjadi peningkatan suhu bila saat pengukuran didapatkan suhu lebih dari 37,2oC di ketiak, lebih dari 37,5oC di mulut atau lebih dari 38oC pada pengukuran di dubur.

  1. Pengukuran suhu di dubur

Dubur adalah wilayah yang paling mendekati suhu tubuh. Pengukuran suhu di wilayah dubur disarankan untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 3 bulan.

Caranya, letakkan bayi dalam posisi tengkurap. Masukkan termometer ke dalam dubur sedalam kurang lebih 1 – 2 cm. Sebelumnya bersihkan bagian ujung termometer dan olesi dengan vaseline. Pemberian vaseline pada bagian ujung termometer bertujuan untuk mengurangi rasa sakit saat dimasukkan ke dubur. Jangan paksa masuk lebih dalam bila termometer sudah terasa tertahan. Tunggu sesaat hingga termometer berbunyi beep untuk termometer digital atau tunggu 2 menit untuk termometer air raksa.

  1. Pengukuran suhu di mulut

Pengukuran di mulut sebaiknya dilakukan 15 menit setelah makan dan minum. Nyalakan termometer, letakkan ujung termometer di bawah lidah. Kemudian, upayakan posisi bibir tertutup. Pertahankan posisi termometer di bawah lidah hingga berbunyi beep tanda suhu berhasil diukur. Pengukuran suhu di mulut pada bayi agak sulit dilakukan karena membutuhkan kerjasama yang baik. Pengukuran ini aman dan mudah dilakukan pada batita dan balita.

  1. Pengukuran suhu di ketiak

Ketiak merupakan salah satu tempat pengukuran suhu tubuh yang aman dilakukan pada bayi. Caranya, cukup mudah. Letakkan termometer di ketiak. Pastikan ujung termometer menempel di kulit. Kemudian, lipatkankan tangan ke dada agar termometer benar-benar terjepit. Tunggu hingga terdengar bunyi beep atau tunggu hingga 2 menit untuk termometer air raksa.

  1. Pengukuran di dahi

Untuk pengukuran di dahi, ada termometer khusus yang dapat digunakan. Termometer ini memanfaatkan sinar inframerah untuk mengukur suhu pada area dahi dan arteri temporal di pelipis. Hasil pengukuran dapat diperoleh lebih cepat, namun tingkat akurasinya tidak setara dengan termometer digital biasa. Harganya pun yang cukup mahal.