Musim libur sekolah telah tiba. Masa-masa yang dinanti anak-anak karena harapan yang besar untuk petualangan menyenangkan bersama keluarga. Nah, buat Moms yang masih bingung mau dihabiskan untuk apa liburan kali ini, mari disimak ide liburan outdoor bareng anak berikut. 

Berkemah sembari berkebun 

Jika berkemah saja sudah terlalu biasa, Moms bisa mengajak si Kecil ke area perkemahan yang menawarkan fasilitas aktivitas berkebun di mana anak-anak bisa menanam dan memanen sayur sendiri. Selain mengenalkan pada anak tentang pertanian, aktivitas outdoor ini juga baik untuk si Kecil yang terlalu sering berada di dalam ruangan saja. 

Berkunjung ke peternakan 

Ide liburan outdoor bareng anak selanjutnya adalah berkunjung ke peternakan. Memerah susu, memberikan makan ternak, dan bahkan mencoba berkuda bisa jadi pengalaman yang sangat berkesan buat si Kecil, lho. 

Melihat hewan di kebun binatang 

Kebun binatang merupakan destinasi wisata yang bisa dinikmati segala usia. Selain bisa mengenal berbagai jenis binatang secara langsung, si Kecil juga akan bebas bergerak dan menikmati sinar matahari sepanjang kunjungannya. 

Menikmati pantai

Indonesia adalah negara maritim yang punya banyak pantai indah memesona yang tidak kalah dari luar negeri. Liburan sekeluarga ke pantai bisa jadi salah satu opsi liburan outdoor yang seru dan tidak membutuhkan terlalu banyak persiapan. 

Hiking 

Untuk si Kecil yang mulai mahir menaiki tangga, Moms bisa mengajaknya hiking ke medan-medan yang mudah dan bisa dinikmati semua anggota keluarga. 

Bermain di taman kota 

Punya bujet terbatas? Tidak perlu sedih, Moms. Sekarang sudah banyak taman-taman kota yang dibuat pemerintah untuk dinikmati warganya tanpa mengeluarkan biaya. Moms bisa membawa si kecil untuk bersepeda di sana atau hanya sekadar menikmati pemandangan dan permainan yang disediakan. 

Aktivitas luar ruangan bukan hanya berfungsi untuk membuat si Kecil merasa senang, melainkan juga krusial untuk pertumbuhan fisik dan mental yang sehat. Si Kecil bisa belajar banyak hal dari aktivitas mereka di luar ruangan, tidak hanya tentang sains dan alam tetapi juga tentang interaksi sosial dan kolaborasi. 

Dalam sebuah studi bahkan ditemukan anak-anak usia 2-5 tahun yang bermain di luar ruangan akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini dimungkinkan karena aktivitas fisik, stres yang berkurang, dan paparan sinar matahari yang bisa membantu mengatur jam biologis kita. Nah, bagaimana, sudah terbayang mau ke mana liburan kali ini, Moms?