Mengoptimalkan perkembangan si Kecil,  baik perkembangan motorik maupun bahasa,  bisa dilakukan di rumah saja dengan cara yang menyenangkan lho Moms. Aktivitas menyenangkan untuk membantu perkembangan si Kecil bisa dimulai sejak dini. Terutama pada usia emas atau golden age, perkembangan otak si Kecil sangat cepat.  Maka itu, Moms harus mulai kreatif menciptakan permainan sensori di rumah yang aman dan menyenangkan untuk si Kecil. 

Permainan-permainan yang bisa diajarkan pada si Kecil tentunya disesuaikan dengan usianya. Perkembangan anak usia 1 tahun tentunya berbeda dengan anak 3 tahun. Berikut adalah beberapa jenis aktivitas yang bisa dilakukan di rumah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil : 

Bermain puzzle 

Cobalah untuk bermain puzzle yang memiliki gambar dan pola yang sederhana untuk anak yang baru belajar. Moms bisa menaikkan tingkat kesulitan pola hingga keragaman gambar untuk anak yang sudah lebih mahir atau lebih besar. Bermain puzzle bisa membantu mengembangkan kemampuan berpikir si Kecil.

Membaca cerita 

Bacakan buku menarik seperti dongeng hewan dan cerita-cerita yang menyenangkan. Setelah Moms selesai membaca, mintalah si Kecil untuk menjelaskan secara singkat tentang tokoh maupun alur ceritanya. Membaca dan mengulang cerita mampu meningkatkan perkembangan bahasa dan berbicara si Kecil. Semakin sering Moms membacakan cerita atau berbicara dengan si Kecil maka semakin banyak kosakata yang dimiliki  si Kecil. 

Bermain pasir, playdoh atau melukis 

Biarkan si Kecil bebas berkreasi pada saat melakukan kegiatan ini. Bebaskan anak  untuk melakukan apa pun yang ia suka. Hindari untuk selalu mengoreksi si Kecil saat bermain atau membuat suatu bentuk. Selain  merangsang kemampuan kreativitas bermain, juga membantu perkembangan imajinasi dan sensori halusnya. 

Menyusun benda 

Pilihlah benda yang aman untuk disusun. Moms bisa memberikan gelas atau balok dengan ukuran berbeda. Permainan ini berfungsi untuk melatih fokus dan pemecahan masalah.Permainan sederhana seperti ini melatih keterampilan konsentrasi si Kecil. Belajar fokus untuk menyelesaikan tugas adalah keterampilan yang sangat penting untuk pelajaran lainnya. 

Bagaimana Moms? Mudah, bukan? Tip di atas bisa Moms sesuaikan dengan keadaan dan kondisi di rumah Moms ya.