Sebagai Moms masa kini, Moms pasti sudah pernah mendengar tentang balance bike atau push bike. Sepeda tanpa pedal yang dulu hanya didominasi merek impor ini, sekarang sudah banyak diproduksi di dalam negeri, sehingga jangkauan penggunanya semakin luas. 

Tapi, meskipun sudah pernah mendengar tentang balance bike, mungkin Moms masih ragu nih, benar ada manfaatnya tidak ya sepeda yang mungkin masih nampak ganjil oleh mata awam ini? Nah, biar semakin mantap membelinya, mari disimak apa saja keunggulan balance bike berikut ini. 

Mudah digunakan 

Untuk bisa mengendarai sepeda, ada dua kemampuan yang harus dikuasai: menyeimbangkan dan mengayuh. Nah, sesuai namanya, balance bike mengajarkan anak cara menyeimbangkan. Bagi batita yang baru belajar mengoordinasikan tubuhnya dengan baik, sepeda ini menjadi lebih mudah digunakan ketimbang sepeda biasa. Balance bike juga biasanya memiliki bobot kerangka yang terbuat dari material yang lebih ringan ketimbang sepeda biasa, sehingga memudahkan anak untuk mengendarainya. 

Lebih aman 

Karena tidak memiliki roda bantu penyeimbang yang membuat pergerakan lebih canggung dan gampang oleng ketika bermanuver seperti sepeda roda tiga, balance bike menjadi lebih aman untuk anak. Anak juga lebih fokus menyeimbangkan tubuhnya karena tidak perlu fokus mengayuh, sehingga mereka mudah mengira-ngira dampak gerakan mereka dan cenderung lebih jarang jatuh. Selain itu, karena kecepatan sepeda anak bergantung pada seberapa cepat langkah kaki mereka, Moms tidak perlu khawatir tentang tabrakan berkecepatan tinggi. Balance bike juga memiliki sadel yang lebih rendah daripada sepeda biasa, jadi lebih aman bagi para batita ketimbang sepeda biasa. 

Membantu transisi ke sepeda berpedal 

Balance bike tidak hanya didesain untuk melatih keseimbangan anak, melainkan juga untuk melatih motorik dan kekuatan otot, koordinasi tubuh, juga ketangkasan. Hal-hal ini akan berguna nantinya ketika anak menaiki sepeda pedal biasa. Anak yang terlatih menggunakan balance bike sebelumnya biasanya tidak perlu belajar sepeda roda tiga dan sepeda beroda bantu lagi, tapi bisa langsung sepeda roda dua dengan percaya diri. 

Nah, bagaimana, Moms, semakin yakin membelikan si Kecil balance bike sebagai sepeda pertamanya?