Moms pasti pernah mendapati kulit buah hati yang seperti mengelupas atau tampak sangat kering sekali. Tak perlu panik. Kulit tampak bersisik pada bayi ini, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut.

* Pengelupasan alami.

Sebagian bayi akan mengalami pengelupasan kulit selama satu atau dua minggu setelah kelahiran. Ini adalah proses alami dan tidak membutuhkan perawatan.

* Mandi terlalu lama.

Mandi terlalu lama dengan air hangat dapat menguras minyak alami pada kulit bayi. Solusinya, batasi waktu mandi, jangan lebih dari 15 menit.

*Suhu udara yang terlalu panas atau dingin.

Suhu udara yang panas menyebabkan produksi keringat lebih banyak sehingga kulit jadi kering. Kulit juga bisa menjadi kering pada suhu udara yang terlalu dingin akibat penurunan produksi kelenjar minyak pada kulit. Alhasil, kulit bayi tak terlumasi dengan baik. Kulit pun menjadi kering dan mengelupas. Solusinya, oleskan minyak zaitun atau krim kulit khusus bayi. Bila suhu udara panas dan bayi banyak berkeringat upayakan sering diseka, ganti bajunya, atau mandi.

*Penggunaan lotion yang mengandung alkohol.

Kandungan alkohol pada kosmetik untuk bayi dapat membuat kulit menjadi kering. Solusi, hindari membeli produk bayi yang mengandung alkohol. Cermati dengan baik label pada kemasan.

*Eksim.

Dermatitis atopik atau eksim juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Penyebabnya bisa saja bayi mengalami alergi makanan, stres, penggunaan sabun atau produk untuk kulit yang tidak sesuai, hewan peliharaan atau bahan pakaian yang digunakan bayi. Solusinya, konsultasikan dengan dokter dan gunakan pelembap untuk memberikan kelembapan pada kulit.