Moms ketika sang buah hati mengalami demam, berikut beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan di rumah.

Pilihlah baju yang tipis dan nyaman dan pilihlah baju dengan bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Saat demam, penguapan cairan tubuh meningkat. Bila asupan cairan kurang karena bayi kurang minum, dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Karena kebutuhan air meningkat bila suhu tubuh meningkat. Bila usianya di atas 6 bulan dapat diberikan ASI dan ditambah dengan pemberian air putih, kaldu ayam, kuah sayur, atau jus buah.

Kompres hangat dapat menurunkan suhu tubuh dalam waktu 30-45 menit. Caranya, lepaskan seluruh pakaian bayi, kemudian lap sekujur tubuhnya dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi air hangat, lalu keringkan peras kain hingga cukup kering. Ulangi kompres beberapa kali hingga suhu tubuhnya turun. Hindari kompres menggunakan alcohol atau air dingin, apalagi air es karena justru malah meningkatkan suhu tubuh anak.

Metode kanguru bisa dipakai untuk menurunkan suhu tubuh bayi yang tinggi karena ada suatu sistem pengaturan suhu dari mommy-nya.Secara psikologis juga menenangkan anak karena dalam kondisi di peluk mommy – nya maka bayi menjadi lebih tenang. Syaratnya, ada kontak kulit langsung antara bayi dengan yang menggendong. Si bayi dalam kondisi telanjang, demikian pula penggendongnya harus bertelanjang dada. Selanjutnya, agar bayi tidak kedinginan bisa digunakan selimut atau pakaian orang tuanya untuk menyelimuti tubuhnya kala digendong.

Ada 2 kelompok obat yang disarankan yakni ibuprofen dan asetaminofen/parasetamol. Obat dapat diberikan setiap hingga 6 jam sekali bila suhu tubuh masih tinggi. Berikan obat sesuai dosis dan anjuran dokter, serta hindari pemberian obat tanpa rekomendasi dokter.

Bayi mengalami demam tinggi yang tidak kunjung turun, demam lebih dari 2 hari atau, bila bayi tampak lemas dan tidak mau minum.