Konsentrasi dan fokus adalah dua hal penting dalam proses belajar. Anak yang memiliki konsentrasi atau fokus yang baik akan memudahkannya dalam mempelajari hal baru, termasuk dalam menerima pelajaran di sekolah. Namun, tidak semua anak memiliki tingkat konsentrasi dan fokus yang baik. Ada beberapa anak yang terkadang sulit untuk berkonsentrasi atau fokus. Tetapi Moms tidak perlu khawatir, berikut adalah tip dan trik untuk melatih konsentrasi anak : 

Batasi gadget 

Tidak bisa dipungkiri, teknologi yang pesat seperti zaman sekarang terkadang memengaruhi pola asuh di masyarakat, contohnya penggunaan gadget. Karena bermain gadget sangat menyenangkan, makan anak enggan untuk melakukan kegiatan lain seperti belajar. Penggunaan gadget terlalu berlebihan akan berdampak pada beberapa keterlambatan anak seperti keterlambatan berbicara hingga mengakibatkan depresi. 

Seimbangkan waktu istirahat dan belajar 

Hal lain yang lebih penting selain belajar adalah waktu istirahat. Istirahat adalah waktu relaksasi di mana tubuh dan otak akan beristirahat dari suasana tegang belajar. Luangkan untuk memberikan anak waktu istirahat agar tubuh anak segar dan siap untuk melakukan kegiatan yang lain. 

Berikan tanggung jawab sehari-hari 

Memberikan tanggung jawab sehari-hari bisa berupa tugas pekerjaan rumah yang ringan. Mungkin terlihat sepele tetapi hal ini akan membantu anak Moms untuk mempelajari tentang kedisiplinan hingga konsentrasi dan fokus. 

Ajak anak bermain dengan aktif 

Selain belajar dan istirahat, waktu bermain adalah waktu yang tepat untuk melatih konsentrasi dan fokus anak. Ajaklah anak bermain sesuai dengan tingkat kemampuannya dan jangan lupa untuk Moms selalu menemani anak ketika bermain ya. 

Berikan penghargaan 

Memberikan penghargaan dengan pencapaian anak adalah hal yang sama pentingnya dari beberapa tip dan trik di atas. Banyak Moms melupakan hal ini, maka secara tidak langsung anak akan merasa usahanya sia-sia dan tidak dihargai. Tetap berikan penghargaan walau kecil untuk beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dengan baik dan benar. 

 

Bagaimana Moms? Mudah kan? Melatih konsentrasi anak tidak sulit tetapi memang butuh konsistensi dalam pelaksanaannya. Apabila sudah melakukan cara di atas namun anak masih sulit mendapatkan konsentrasi dan fokus yang baik, maka sebaiknya Moms segera konsultasikan ke dokter ya.