Di tengah dahsyatnya gempuran gadget, Moms jangan menyerah ya untuk mengenalkan buku pada si Kecil. Buku adalah jendela dunia. Meskipun sekarang ada mbah google dengan segudang informasi dan interaktif lainnya di online, tetap  tidak bisa menggantikan pentingnya buku bagi anak.

Lantas bagaimana Moms memilih buku yang tepat untuk si Kecil? Di bawah ini adalah beberapa tip berdasarkan usia untuk memilih buku pertama si Kecil. Saat dia tumbuh, Moms dapat menyesuaikan pilihan agar sesuai dengan minatnya. Usahakan untuk membaca setidaknya satu buku sehari.

Untuk bayi baru Lahir: 

Jika Moms baru saja memulai isi rak buku bayi, penting untuk diingat bahwa kegiatan membaca sama berartinya dengan buku apa pun yang dipilih. Visual dan teks tertentu akan menarik perhatian bayi yang baru lahir:

Penglihatan bayi baru lahir masih dalam proses. Faktanya, mereka melihat paling baik itu dari jarak kira-kira satu kaki atau sekitar 0,3 meter. Jadi berilah buku yang memiliki gambar yang sederhana dan warna paling menarik untuk menarik minatnya.

Hanya dengan mendengarkan suara Moms, bayi baru lahir mendapatkan pelajaran bahasa yang sangat berharga. Saat Anda membaca buku dengan kalimat berima, si Kecil akan menyukainya. Dikarenakan ritme yang menyenangkan menenangkan di teliganya.

Untuk bayi 1 tahun hingga 2 tahun 

Di masa ini bayi mulai berpartisipasi aktif dalam proses membaca. Awalnya dengan mengguman, kemudian dengan menunjuk dan mengoceh. Pilih buku untuk memuaskan rasa ingin tahunya yang tak ada habisnya. Ekspos anak Moms pada dunia melalui gambar-gambar cerah dari objek-objek menarik.

Buku-buku berukuran kecil, dengan cerita sederhana, dan terbuat dari halaman karton berlapis. Buku harus kokoh, dengan ujung membulat, karena kemungkinan besar si Kecil akan mencoba mengunyahnya, menarik, dan melemparkannya.

Mainkan Cilukba. Cari kejutan tersembunyi di dalam buku. Bayi bisa menyentuh sesuatu yang lembut dan berbulu. Dari pop-up hingga lift-the-flap  dan banyak lagi. Sekarang ini banyak buku aktivitas mendorong anak untuk bereksplorasi. 

Buku Balita

Balita masanya lasak bergerak. Tidak bisa diam. Tapi, mereka juga membutuhkan buku seperti halnya bayi. Mengingat usianya yang bertambah, Moms pun mungkin ingin si kecil makin pintar melalui bukunya. Eits… tahan ya Moms keinginan untuk menanyai si Kecil tentang huruf, warna, atau angka. Sebaliknya, pilihlah buku batita yang memperkenalkan tema sederhana dan mengundang percakapan.

Plot dan ilustrasi gambar bisa  lebih rumit daripada buku papan. Namun balita suka menjelajahi (dan terkadang mengunyah!) buku dengan gambar yang hidup dan ilustrasi yang penuh warna. Subjek cerita bisa mengisahkan tentang kehidupan hewan, dongeng klasik atau karakter favoritnya.  

Balita sangat membutuhkan buku-buku pengantar tidur. Membaca buku dengan ibu atau ayah sebelum tidur dapat menjadi penenang bagi balita yang aktif.

Saya ingin anak makin pintar lewat buku

Oke… tidak apa-apa sebenarnya Moms mengajarkan si Kecil sejak dini untuk berhitung, mengenal huruf dan warna atau pengetahuan lain. Sepanjang Moms mengenalkannya dengan cara menyenangkan. 

Pilihalah buku dengan warna dan ilustrasi menarik . Jika memungkinkan buku yang memberi pengalaman interaktif, seperti buku angkat-tutup dan sentuh-dan-rasakan. Jenis buku ini sangat bagus untuk mengenalkan si Kecil pada kesenangan membaca, sambil belajar. Misalnya: