Menjadi seorang ibu memiliki tantangan tersendiri. Memastikan keluarga kecil kita sehat dan bahagia adalah agenda harian seorang Ibu. Setiap stage kehidupan si Kecil memberikan pengalaman dan pembelajaran berharga kepada kita. Mulai dari drama per-ASI-an, drama stimulasi hingga drama MPASI. 

Dari beberapa drama di atas mungkin sebagian besar Moms akan menyebutkan bahwa drama MPASI adalah seri drama yang paling menguras emosi dan pikiran. Masa MPASI adalah masa di mana si Kecil siap menerima makanan solid sebagai pendamping ASI. Pada masa ini si Kecil memiliki banyak kesempatan belajar, seperti belajar mengunyah, menelan hingga merasakan rasa makanan. 

Pada masa MPASI, Moms mungkin akan menemui tantangan yang dinamakan GTM atau Gerakan Tutup Mulut. Tetapi jangan risau,  Moms, berikut adalah beberapa tip yang bisa diterapkan untuk anak yang sedang GTM : 

Terapkan feeding rules 

Salah satu keberhasilan mengatasi GTM adalah menerapkan feeding rules dengan konsisten dan berkesinambungan. Pada minggu-minggu pertama mungkin Moms akan merasakan kesulitan tetapi jika Moms konsisten, maka hal tersebut akan membuahkan hasil yang baik. 

Feeding rules ini cukup mudah secara teori seperti menghindari distraksi selama proses makan (mainan/screen time), tetapkan jadwal makan yang konsisten dan tidak memberikan camilan/susu di luar jam makan/ngemil. 

Makan bersama 

Usahakan agar Moms, si Kecil dan anggota keluarga duduk dan menyantap makanan bersama-sama di meja yang sama. Kegiatan ini mungkin terlihat sederhana tetapi terbukti berdampak positif pada perkembangan anak dan ikatan dengan anggota keluarga lain.

Kreasikan menu 

Terkadang makanan yang itu itu saja membuat si Kecil merasa bosan dan tidak menyukai makanan yang sebelumnya ia sukai. Tetaplah berkreasi resep dan masakan setiap harinya agar si Kecil tidak cepat bosan. 

Dorong anak makan secara mandiri 

Untuk anak yang lebih besar, Moms bisa mendorong si Kecil untuk makan sendiri. Sediakan makanan yang mudah digenggam si Kecil dan memiliki visual yang menarik. 

Konsultasikan pada dokter 

Tip terakhir adalah konsultasikan pada dokter mengenai keadaan si Kecil. Terkadang anak-anak yang memiliki masalah makan, termasuk GTM menjadi pertanda gejala tertentu, seperti anemia defisiensi besi, Infeksi saluran kemih hingga TB Paru.