Saat musim panas seperti sekarang ini, biang keringat menjadi salah satu keluhan kesehatan yang umum. Tidak hanya orang tua dan anak-anak,  bayi pun bisa memiliki biang keringat. Sebenarnya,  apa sih penyebab biang keringat? 

Biang keringat atau miliaria adalah ruam merah kecil yang menonjol, gatal, serta menyebabkan sensasi menyengat atau panas pada kulit. Biang keringat ini lebih mudah terjadi pada bayi karena pengaturan suhu tubuh pada bayi belum sempurna dan kelenjar keringat bayi belum sepenuhnya berkembang.  Sehingga bayi  belum mampu mengeluarkan keringat dengan baik . 

Penyebab biang keringat sendiri adalah kelenjar keringat yang tersumbat, yang memicu timbulnya ruam dan peradangan. Tidak diketahui penyebab pasti dari tersumbatnya kelenjar keringat. 

Namun, beberapa faktor dan kondisi berikut bisa meningkatkan risiko terjadinya biang keringat, yaitu :

- Iklim Tropis 

- Kepanasan

- Aktivitas fisik tertentu 

- Kelenjar keringat belum berkembang 

- Obesitas 

- Bed rest terlalu lama. 

Biang keringat memang  bukan penyakit serius dan bisa hilang dengan sendirinya. Tapi apakah Moms tak kesal dan ingin cepat membuat kulitnya halus lagi? Berikut cara atasi biang keringat dengan cara tradisional atau penggunaan bahan dapur yang sudah turun temurun :

Lidah buaya 

Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis masalah kulit. Caranya hanya dengan mengambil daging lidah buaya yang berwarna putih lalu mengoleskannya pada kulit yang terkena biang keringat minimal satu kali dalam sehari. 

Soda kue

Soda kue memberikan efek dingin pada kulit sekaligus memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi pada biang keringat. Cara menggunakan soda kue sebagai obat biang keringat adalah dengan menyiapkan dua sendok soda kue, semangkuk air dingin dan lap mandi. Kemudian larutkan soda kue ke dalam air dingin. Celupkan lap mandi, ke dalam larutan dan gosokkan dengan lembut pada bagian kulit untuk menyembuhkan panas pada biang keringat. 

Sagu/ tepung kanji 

Karena tepung kanji bersifat dingin, ini sangat efektif mengatasi biang keringat. Caranya adalah, basahi tepung kanji hingga membentuk adonan seperti masker. Selanjutnya, oleskan ke kulit bayi yang mengalami biang keringat secara merata dan hati-hati. Usahakan agar mengoleskan masker tepung kanji ini saat bayi dalam kondisi segar, selesai mandi dan tidak berkeringat. Jika tepung kanji sudah kering, Mom bisa mengelap tepung atau memandikan buah hati lagi dan membersihkan sisa tepung di kulit bayi. 

Ketika mengalami biang keringat jangan langsung panik ya Moms.  Gunakan bahan yang benar- benar aman di kulit untuk mengatasi biang keringat sehingga tidak akan meninggalkan alergi. Selamat mencoba,  semoga cocok ya Moms.