Pergi jalan-jalan bersama keluarga adalah hal yang paling menyenangkan. Tapi, bagaimana jika ada anak yang berat sekali untuk pergi jalan-jalan karena alasan mabuk? Kasihan ya, Moms. Di satu sisi kita ingin bersenang-senang, tapi juga khawatir karena anak tak bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. 

Mabuk perjalanan terjadi saat kita bepergian menggunakan kendaraan, baik itu menggunakan mobil, kereta api, kapal laut, bahkan pesawat. Penyebab terjadinya mabuk perjalanan karena ada konflik antara indra kita. Misalkan kita sedang naik wahana di pasar malam, badan kita berputar-putar dan terbalik. Mata kita melihat satu hal, otot kita merasakan hal lain, dan telinga bagian dalam merasakan sesuatu yang lain. Pada kejadian tersebut, otak tidak dapat menerima semua sinyal yang bercampur itu. Inilah alasan kita merasa pusing dan mual. 

Untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak, Moms perlu mengetahui gejala-gejala yang umumnya terlihat, yakni mual, muntah, pusing, lelah yang berlebihan, bahkan sampai merasakan sesak napas. Karena itu, Moms bisa melakukan hal-hal berikut ini agar anak Anda nyaman selama di perjalanan: 

Lakukan perjalanan di waktu yang tepat

Anak-anak akan merasa nyaman di perjalanan dalam keadaan tidur. Jadi, Moms bisa pilih waktu keberangkatan menjelang waktu tidurnya anak-anak ya. 

Tentukan posisi duduk yang tepat

Memberikan posisi duduk untuk anak di dalam kendaraan juga membantu mereka untuk mengurangi mabuk perjalanan. Hindari menempatkan anak di kursi paling belakang, karena goncangan dari ban akan lebih terasa. Karena itu, lebih baik posisikan anak di bagian tengah. Selain karena lebih stabil goncangannya juga lebih leluasa bagi anak sehingga bisa sambil bermain atau membaca buku. 

Sirkulasi udara yang cukup 

Hindari menyimpan makanan atau minuman di dalam mobil dalam waktu lama. Apalagi pakaian kotor dan tempat sampah. Hal itu akan menyebabkan udara di dalam mobil menjadi bau. Maka dari itu, sebelum bepergian bersihkan dahulu ruangan dalam mobil dan buka semua pintu agar udara di dalam mobil segar kembali. 

Berikan obat anti mabuk 

Untuk penggunaan obat anti mabuk bagi anak, Moms bisa meminta dokter untuk meresepkannya. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang mengandung dimenhydrinate. Berikan satu jam sebelum perjalanan. Tapi, perlu diingat lagi ya, Moms untuk pemberian obat mabuk pada anak harus sesuai anjuran dokter.