Kesehatan gigi dan mulut adalah komponen vital dalam kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk gigi susu. Pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi susu memberikan dampak pada kesehatan bayi dan anak. Bila anak memiliki gigi tidak sehat, maka ia akan sulit untuk mencerna makanan, sehingga proses pertumbuhan anak akan terganggu. 

Awal mula dari gigi tidak sehat adalah kebiasaan buruk dalam merawat gigi dan mulut. Karena itu Moms, penting sekali untuk merawat gigi sejak bayi. Meskipun gigi bayi belum tumbuh, namun cara membersihkannya harus dilakukan dengan hati-hati. 

Beberapa hal yang perlu Moms perhatikan sebelum mulai membersihkan gigi bayi adalah alat dan bahan yang akan digunakan. Moms harus menggunakan kain lembut atau juga bisa memilih kasa steril yang telah dibasahkan lebih dulu. Setelah itu Moms bisa mengusap gusi pada bayi dengan perlahan. Untuk membersihkannya, dapat Moms lakukan setelah makan dan juga sebelum tidur. Jadi, dalam sehari Moms perlu melakukannya sebanyak dua kali. 

Setelah bayi mulai menunjukkan kemunculan gigi-gigi susu, Moms dapat membersihkannya dengan sikat gigi khusus. Bagi bayi yang baru mulai tumbuh gigi, sangat penting bagi Moms untuk memberikan sikat gigi yang lembut sehingga bayi tidak akan merasakan sakit ketika giginya dibersihkan. Seiring bertambahnya usia anak, biasanya semakin sulit untuk diajak menggosok gigi. Jika sudah begini, Moms perlu mencari trik untuk mengajak anak menggosok gigi. 

Banyak hal yang bisa dilakukan agar mereka mau membersihkan gigi dengan sukarela, salah satunya adalah dengan membaca buku. Moms bisa membacakan buku-buku anak dengan tema kebersihan gigi, cara menyikat gigi, dan sejenisnya. 

Seperti dikutip dari situs Children’s Dental Care, terdapat lima buku pilihan yang bisa Moms bacakan agar anak-anak belajar membersihkan gigi. Brush, Brush, Brush by Alicia Padron Brush Your Teeth, Please by Leslie McGuire and Sesame Street – Ready, Set, Brush Sugarbug Doug: All About Cavities, Plaque, and Teeth by Dr. Ben Magleby.  The Tooth Book: A Guide to Healthy Teeth and Gums by Edward Miller 

Selain itu, Moms juga bisa membersihkan gigi sambil bernyanyi. Buatlah suasana menyenangkan ketika menyikat gigi. Tak perlu lagu khusus, Moms bisa membuat nyanyian seadanya, sesuka hati Moms sehingga proses menyikat gigi dapat dikenang sebagai aktivitas yang menyenangkan. 

Namun, jika Moms butuh referensi untuk nyanyian saat menyikat gigi, banyak sekali video anak-anak dengan tema menyikat gigi di Youtube. Pilih yang sesuai dengan usia dan preferensi Moms ya. Selamat mencoba, Moms!