Moms, anak-anak rentan sekali terkena berbagai jenis luka, termasuk luka bakar. Karena itu, sebaiknya Moms mengetahui pertolongan pertama ketika anak terluka bakar. Dilansir dari laman Healthychildren.org dan Raisingchildren.net.au, berikut ini adalah langkah P3K luka bakar anak yang harus Moms dan Dads tahu: 

Menilai Keparahan Luka Bakar 

Apa yang harus Moms lakukan sangat bergantung pada derajat keparahan luka bakar yang anak alami. Secara sederhana ada tiga derajat keparahan luka bakar: 

1.Derajat pertama. Kulit memerah tetapi tidak melepuh, rasanya sakit seperti terpanggang matahari. 

2.Derajat kedua. Lapisan kulit teratas terbakar dan beberapa bagian dermis rusak. Luka ini sangat sakit dan kemungkinan besar akan melepuh. 

3.Derajat ketiga. Kulit akan hangus atau memutih. Epidermis dan dermis (dua lapisan teratas kulit) rusak permanen. 

Luka bakar akibat sengatan listrik atau semua luka di mana kulit tampak hangus, mengeras, hangus, dan mati rasa adalah luka bakar parah yang membutuhkan penanganan medis segera. Semua lepuhan, luka bakar yang membengkak, atau luka dengan area yang lebih luas daripada telapak tangan anak, atau luka di tangan, kaki, muka, alat kelamin, atau pada sendi adalah luka serius yang harus diperiksa segera oleh dokter anak atau IGD. Selain jenis luka di atas, jika Moms khawatir, tetap bawalah anak periksa ke dokter anak. 

Merawat Luka Bakar Ringan 

Jika luka bakar anak ringan, Moms bisa merawatnya di rumah. Untuk merawat luka bakar ringan di rumah, Moms harus: 

1. Copot semua pakaian dan perhiasan di sekitar luka, dengan catatan tidak lengket dengan kulit dan tidak menyebabkan anak kesakitan. 

2. Dinginkan area yang terbakar dengan menyiram dengan air mengalir selama lima menit. Ulangi hingga total 20 menit. Ini akan mengurangi kerusakan kulit dan rasa sakit. Ini bisa dilakukan selama 3 jam sejak luka terjadi. 

2. Tutup luka dengan perban yang tidak akan lengket pada area luka, seperti dengan wrap plastik. 

3. Lindungi area luka dengan membersihkannya menggunakan sabun dan air. Jangan oleskan apapun kecuali diminta dokter anak. Ini untuk menghindari infeksi. 

4. Selimuti anak agar tidak hipotermia. 

Yang Tidak Boleh Dilakukan 

Itu dia langkah-langkah P3K luka bakar anak di rumah. Semoga bermanfaat, Moms!