Pandemi COVID19 memberikan banyak dampak di segala sektor kehidupan kita, tidak terkecuali sektor pendidikan. Semua sekolah, guru, siswa, dan orang tua dipaksa beradaptasi pada kenormalan baru metode pendidikan yang bisa dijalankan di tengah keterbatasan akibat pandemi. Makanya, saat memilih sekolah TK untuk si kecil kini pun tidak lagi memiliki standar yang sama seperti sebelum pandemi melanda. Agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian nih, Moms, yuk disimak bagaimana dan apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih TK yang tepat untuk anak saat pandemi COVID19 berikut ini. 

1. Kesesuaian misi

Hal krusial pertama yang harus Moms cari tahu dari sekolah TK anak adalah misi pendidikan yang mereka emban. Apakah mereka mengusung nilai-nilai yang sejalan dengan pendidikan di dalam keluarga yang telah Moms tanamkan. Juga apakah mereka mengajarkan adab-adab yang tidak bertentangan dengan prinsip keluarga. 

2. Kompetensi guru

Guru adalah ruhnya sekolah. Metode dan kurikulum yang ciamik hanyalah sekedar konsep di atas kertas ketika guru tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk mengimplementasikannya. Apalagi untuk pendidikan anak usia dini yang membutuhkan lebih dari sekadar kemampuan akademis, melainkan juga kemampuan sosio-emosional yang mumpuni untuk dapat menghadapi anak-anak. Guru TK tidak hanya butuh karakter yang ceria dan hangat, tetapi juga karakter yang mampu tegas saat diperlukan, dan wibawa yang cukup agar anak-anak mau mendengarkan. Selain itu, guru TK juga harus kreatif, agar bisa membuat aktivitas sekolah yang mengedukasi tetapi tetap menyenangkan bagi anak-anak. Makanya penting untuk Moms mengecek kompetensi guru dari TK yang Moms incar untuk si Kecil. 

3. Penerapan protokol kesehatan

Walau pemerintah telah mengizinkan pembelajaran tatap muka, tetapi bukan berarti pandemi telah berakhir dan protokol kesehatan bisa diabaikan. Saat memilih TK untuk anak di masa pandemi ini, kesiapan sekolah menerapkan protokol kesehatan adalah hal penting lain yang harus Moms pertimbangkan. Bagaimana sekolah mendorong ketertiban penggunaan masker, pengecekan kesehatan warga sekolah secara rutin, kebersihan, serta bagaimana ventilasi ruangan kelas nanti adalah beberapa hal yang harus Moms cek. 

4. Kesiapan hybrid learning

Kita tidak tahu kapan COVID19 akan menginfeksi warga sekolah anak kita. Makanya, menemukan sekolah yang punya kesiapan dan sumber daya yang cukup untuk menjalankan hybrid learning adalah poin penting lain yang harus Moms perhatikan. 

5. Jarak

Untuk jenjang TK, sebaiknya pilih sekolah yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Hal ini agar anak tidak terlalu lelah di perjalanan sehingga justru malah membuat sekolah jadi sesuatu yang menyusahkan buatnya. 

Nah itu dia beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat memilih TK si kecil di masa pandemi ini. Sebelum memutuskan sekolah yang mana, jangan lupa lakukan survei langsung dan bertanya pengalaman orang tua murid yang pernah menyekolahkan anaknya di sana ya, Moms. Pasalnya, jika Moms hanya mengandalkan informasi dari brosur atau profil sekolah di internet dan media sosial mereka, nanti Moms bisa kecewa berat jika ternyata realita tak semanis profil dunia maya. Semoga bermanfaat.