Para ahli dan ilmuwan telah menemukan tujuan dari internet dan perangkat elektronik lainnya,  yaitu sebagai strategi dan kontrol yang digunakan orangtua untuk membantu tumbuh kembang anak. 

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya dapat berprestasi dan nantinya bisa membanggakan orangtua. Salah satu hal yang bisa membantu prestasi anak adalah dengan meningkatkan daya ingatnya. Perkembangan otak adalah hal yang terkait dengan daya ingat dan perkembangan sensorik  anak. Meski demikian, harus diingat juga bahwa orangtua memiliki peran yang sangat besar dalam penggunaan gadget. Orangtua harus tetap mengawasi anak  dalam penggunaan gadget agar tidak berlebihan dan membawa dampak negatif. Nah berikut ini beberapa pengaruh gadget untuk stimulasi anak : 

Meningkatkan kreativitas 

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang berkembang semakin canggih, juga bertambahnya beberapa aplikasi yang bisa mengasah dan melatih keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri anak. Salah satu contohnya adalah ketika anak menonton sebuah film. Ketika menonton,  anak akan fokus pada  apa yang dia tonton, kemudian mendengarkan dengan baik apa saja maksud dari sebuah film itu, lalu  anak akan menyimpulkan maksud dari film itu dan dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam menonton terdapat beberapa pesan moral yang sangat bagus untuk anak ikuti dan terapkan. Tetapi tetap harus dalam pengawasan orangtua. Sehingga penggunaan gadget ini bisa membantu anak untuk bisa mengembangkan kreativitasnya. Mungkin kelak suatu saat nanti anak dapat berkarya dan mewujudkan cita-cita melalui gadget, yaitu menjadi seorang konten kreator. Hal inilah yang dapat memicu anak untuk bisa berpikir lebih kreatif dengan berbagai pemikiran dan ide yang cemerlang. Tentu saja hal ini tidak lepas pula dari pengawasan orang tua, agar selalu membimbing anaknya.

Meningkatkan kemampuan berbahasa 

Sudah tidak aneh lagi ketika anak menggunakan gadget untuk memainkan game, anak  menjadi pintar berbahasa asing. Karena  mayoritas game yang terdapat dalam gadget menggunakan bahasa asing, yaitu bahasa Inggris. Sebelum bermain anak diharuskan untuk membaca petunjuk dan informasi yang disampaikan agar bisa bermain game. Hal ini dapat membantu orangtua dalam mengajarkan keterampilan berbahasa secara tidak langsung pada anaknya dengan lebih mudah, yaitu melalui game pengenalan kata dalam bahasa asing. 

Merangsang kemampuan motorik 

Kemampuan motorik anak dapat meningkat yang disebabkan gerakan otot-otot tubuh ketika menggunakan gadget. Koordinasi antara mata dan gerakan jari-jari tangannya bisa semakin terlatih ketika anak sedang bermain sebuah aplikasi dalam gadgetnya. Secara tidak langsung,  hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak di masa pertumbuhannya dengan sangat cepat dan signifikan.