Kuku jari anak-anak dapat menunjukkan kondisi kesehatan mereka, Moms. Kuku berwarna pink dan berkilau biasanya mengindikasikan kesehatan yang baik. Sementara perubahan warna, seperti munculnya garis-garis, bintik putih, hingga rapuh, bisa jadi penanda adanya masalah kesehatan pada si Kecil. Namun, jangan khawatir, Moms, kebanyakan kondisi ini lazim terjadi pada anak dan tidak berbahaya. 

Kondisi munculnya bercak putih pada kuku anak disebut leukonychia, merupakan pertanda anak kekurangan zinc. Selain itu, bisa juga sebagai pertanda kurangnya kadar zat besi, magnesium, dan kalsium. Beberapa kasus bercak putih pada kuku juga sebagai akibat dari cidera pada pangkal kuku,  yang kini tumbuh sebagai bercak putih.

Terlepas dari penyebabnya, bercak putih pada kuku umumnya bersifat sementara dan akan menghilang ketika kuku tumbuh sepenuhnya. Biasanya memakan waktu 8 – 9 bulan untuk benar-benar hilang. 

Kebanyakan orang mengaitkan bercak putih pada kuku akibat kurangnya kalsium, namun peneliti mengatakan bahwa itu bukan penyebab utamanya. Berikut adalah penyebab leukonychia:

Cidera kuku

Leukonychia dapat muncul akibat cidera kecil atau trauma pada matriks kuku. Misalnya, benturan kuku pada meja, terjepit pintu, kuku tertekuk, bahkan memotong kuku yang kurang benar. Kecelakaan ini terjadi beberapa waktu sebelumnya, dan baru muncul kemudian. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan kuku yang lambat.

Reaksi akibat alergi

Penyebab lain munculnya bercak putih pada kuku adalah reaksi alergi dari paparan bahan kimia tertentu, biasanya terkandung dalam cat kuku, penghilang cat kuku, atau penguat kuku.

Infeksi

Infeksi jamur bisa menjadi penyebab munculnya bercak putih pada kuku. Jika tidak segera ditangani, dapat menyebar ke dasar kuku dan menyebabkan kuku menjadi rapuh.

Kekurangan mineral

Tubuh membutuhkan mineral untuk menopang aktivitas. Kurangnya mineral tertentu, seperti zinc dapat menimbulkan bercak putih pada kuku.

Kemungkinan efek samping

Pada beberapa kondisi, leukonychia juga dapat muncul sebagai efek samping dari obat atau perawatan tertentu, seperti kemoterapi sistemik

Masalah kesehatan serius

Kemungkinan adanya masalah kesehatan serius juga terkadang ditunjukkan oleh gejala munculnya bercak putih pada kuku, misalnya gagal ginjal, jantung, eczema atau psoriasis (ruam merah pada kulit), atau pneumonia.

Nah, Moms, bila leukonychia pada kuku si Kecil membuat tidak nyaman, Moms dapat menghilangkannya dengan beberapa cara alami, yaitu menggunakan tea tree oil, baking soda, minyak jeruk, cuka putih, atau irisan lemon yang ada di rumah. Tea tree oil dapat dicampurkan dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada kuku yang mengalami leukonychia. Alternatif kedua, bila Moms menggunakan baking soda, campurkan setengah cangkir baking soda, Epsom salt, ¼ cangkir peroxide, dan 4 cangkir air hangat. Celupkan kuku si Kecil ke dalam larutan ini untuk mengurangi bercak putih.

Bila Moms memiliki minyak jeruk, Moms dapat mengoleskannya pada kuku secara langsung. Cara lainnya adalah menggunakan cuka putih yang dicampurkan dengan air hangat, rendam kuku jari si Kecil yang mengalami leukonychia selama sepuluh menit tiap hari. Cara sederhana lainnya adalah menggosokkan irisan lemon pada kuku tersebut. Cara apa pun, kuncinya adalah rutin dan berkelanjutan.