Ketika merencanakan kehamilan kedua, Moms harus memperhatikan pula kesiapan si calon kakak alias anak sulung. Agar tidak terjadi iri sang kakak terhadap kehadiran adik barunya. Jarak ideal kehamilan 2 hingga 3 tahun,  saat si kakak umur segitu kakak lebih siap secara mental. Selain itu untuk kesehatan lebih bagus untuk menghindari kelahiran prematur dan berat badan janin kurang. 

Jika Moms sudah hamil kedua, ada baiknya Moms mempersiapkan sang anak untuk jadi kakak, berikut caranya . 

Informasikan kehamilan Moms ke sang anak, sebaiknya saat kehamilan Moms masih kecil. Jauh sebelum dinyatakan hamil sudah memberi informasi ke si kakak kalau ibu sudah merencanakan kehamilan dan kakak bakalan punya adik, jadi pas dinyatakan positif hamil si kakak lah yang menjadi orang pertama tahu kalau Moms hamil dan kakak gembira menyambut kehadiran sang adik bayi. 

Rutin libatkan kakak dalam pemeriksaan kandungan, jadi setiap bulan jadwal periksa hamil kakak sudah di ajak untuk ikut serta lihat perkembangan adik bayi. seminggu sebelum jadwal periksa, Moms selalu bilang ke kakak nanti hari Rabu jadwalnya kita ke dr Lavelia ya kak, kita mau lihat perkembangan adik bayi,  nanti adik bayi kelihatan di layar USG,  detak jantung adik juga terdengar,  sambil kasih lihat video USG  zaman dulu si kakak . Respon nya baik dong,  jadi dulu kakak kaya adik ya b , gerak gerak dalam perut ibu . Yes kakak dulu kaya adik , Ibu pun rutin memeriksakan kehamilan kaka dulu tiap bulan tidak pernah absen dan ibu selalu tidak sabar ingin melihat perkembangan kakak . Kakak pun begitu sekarang tiap bulan selalu jadi orang pertama yang enggak sabar liat perkembangan adik, ibu proud of you kaka . 

Libatkan semua kegiatan yang berhubungan dengan adik, semisal kalau adik gerak gerak menendang manja perut Moms, langsung panggil kakak untuk memegang perut Moms dan rasakan tendangan sang adik. Sejak usia kandungan 6 bulan udah mulai rutin prenatal yoga di RS si kakak selalu ikut nemenin ibu duduk di sebelah atau sambil ikut gerakan yoga. Nah pas pulang ke rumah kakak tanya, dulu waktu ibu hamil kakak,  ikutan yoga juga bu? yes kakak,  ibu sudah ikut yoga sejak hamil kakak sambil menyodorkan video. Lagi lagi video menjadi penyelamat biar kakak tahu bahwa ibu sangat menginginkan kakak, begitu pula adik jadi persiapan ibu amat matang. Si kakak juga ikut andil dalam memilih perlengkapan adik bayi mulai dari pilih pilih baju bayi, kasur, gendongan, stroller semua ketika beli ibu selalu tanya kakak "kakak pilih yang warna apa merah atau biru? Gambar gajah atau Dolpin". Sesekali si kakak dibelikan juga baju yang sama atau apapun yang kakak mau biar kakak merasa dihargai juga, dan ibu tetap ada untuk kakak. 

Beritahu tamu jika menjenguk terlebih dahulu sapa si kakak dan biarkan kakak memperkenalkan adik bayinya. Jadi saya tuh sudah memberi informasi terutama ke keluarga dan kerabat dekat jika menjenguk, sapa kakak dulu dan biarkan si kakak memperkenalkan adik bayi.