Yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak. Bila bosan dengan yogurt yang biasa, resep es yogurt dan susu kacang yogurt bisa dicoba. 

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang digemari oleh berbagai kalangan dan usia, termasuk anak-anak. Makanan hasil fermentasi susu dengan bakteri asam laktat ini tidak hanya lezat tapi juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam 100 gr yogurt juga terdapat kurang lebih 3.5 gr protein, yang mana sudah mencukupi hampir sepertiga kebutuhan harian protein anak usia 1-3 tahun. 

Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan anak, seperti vitamin B12, kalsium, phosphorus, dan riboflavin. Nah, kapan sih yogurt mulai bisa diperkenalkan pada anak?

Sejak mulai MPASI, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan yogurt lo, Moms. Pastikan saja si Kecil tidak sensitif terhadap susu dan produk turunannya. Yogurt bisa dinikmati secara langsung oleh anak atau diolah lagi bersama bahan makanan yang lain. Kalau si Kecil bosan dengan yogurt biasa, Moms bisa sontek resep yogurt untuk anak berikut ini.

Es Yogurt

Es krim komersial biasanya mengandung banyak aditif makanan dan gula yang tinggi. Nah, untuk si Kecil yang menyukai es krim, Moms bisa menggunakan yogurt sebagai bahan utamanya. Caranya mudah, cukup blender 4 cangkir buah beku apa saja, bisa strawberry atau mangga atau pisang, dengan setengah cangkir greek yogurt, dan 2 sdt ekstrak vanila. Jika si Kecil sudah bisa mengonsumsi madu, Moms bisa tambahkan madu sebagai pemanis alaminya. 

Saus Kacang Yogurt 

Si Kecil susah makan sayur? Nah, resep yogurt untuk anak yang satu ini bisa dijadikan pemancing bagi anak untuk mau makan sayurnya. Blender yogurt dengan selai kacang, sedikit kecap asin rendah garam, jus lemon, bubuk bawang putih, dan bubuk jahe. Jika tidak menggunakan greek yogurt, simpan saus di freezer 30 menit sebelum disajikan. Sajikan sebagai cocolan potongan sayur segar. Saat memilih yogurt untuk anak, sebaiknya pilih yang komposisinya hanya susu dan kultur bakteri ya, Moms. Tanpa tambahan gula ataupun aditif lainnya. Greek yogurt juga bisa jadi pilihan yang lebih baik karena memiliki kadar protein yang lebih tinggi dan rasanya lebih creamy. Selamat berkreasi, Moms!