Dengan kembalinya  si Kecil ke sekolah tentu akan menambah satu pekerjaan lagi bagi para Moms, yaitu: mencuci sepatu anak. Ini bisa jadi pekerjaan yang cukup melelahkan. Mengingat anak-anak hobi berlarian ke sana ke mari. Tak peduli jalan kotor, becek atau ada genangan air, si Kecil akan menapakkan sepatunya. 

Omelan Moms soal sepatunya yang kotor hanya jadi angin lalu. Tinggal deh Moms pusing bagaimana cara membersihkannya. Sudah terbayang pula lelahnya menggosok sepatu ini hingga bersih tuntas. Sementara, jika dibawa ke laundry sepatu akan kena biaya jasa cuci yang lumayan menguras bujet. 

Moms tak perlu bingung. Sepatu si Kecil bisa dicuci dengan mudah. Bahkan, untuk mempersingkat waktu, Mom bisa membersihkan  sepatu ini dengan bantuan mesin cuci. Tak percaya? Berikut caranya. 

Langkah 1: Baca label perawatan

Luangkan waktu sebentar untuk membaca label petunjuk perawatan untuk memastikan 

sepatu dapat dicuci basah atau tidak atau hanya boleh dengan sistem dry clean. Perlakuan dry clean ini biasanya untuk sepatu ini terbuat dari kulit atau suede. Tapi rasanya, sih, kebanyakan sepatu si Kecil ke sekolah biasanya bukan dari bahan tersebut. Sepatu sekolah anak umumnya dari bahn canvas, polyester, denim atau kulit sintetis.  Bahan-bahan yang cukup aman untuk dimasukkan ke mesin cuci

Langkah 2: Siapkan sepatu

Luangkan sedikit waktu untuk menyiapkan sepatu agar pembersihan tuntas dengan mesin cuci. Ini memang butuh pekerjaan manual, tapi simpel kok. Moms lakukan ini: 

Langkah 3: Cuci sambil melindungi sepatu

Mencuci sepatu dengan mesin cuci berbeda dengan mencuci pakaian. Ini caranya: 

Langkah 4: Keringkan alami lebih baik

Meski bukan kulit, sebaiknya keringkan sepatu di udara terbuka daripada di mesin pengering.  Panas yang tinggi di mesin pengering dapat menyebabkan sebagian lem sepatu meleleh, membuat sepatu sekolah si Kecil rentan rusak. Masukan koran atau kertas bekas yang diremas-remas ke dalam sepatu untuk membantu penyerapan kelembapan. Selain itu, gumpalan koran itu dapat menjaga bentuk sepatu. 

Untuk mengeringkannya, letakkan sepatu sekolah anak di tempat yang terkena sinar matahari. Bila sinar matahari jarang muncul, Moms bisa mengeringkannya dengan meletakkan sepatu di celah antara kulkas dan dinding. Bagian belakang kulkas ini mengeluarkan udara panas, sehingga bisa membuat sepatu cepat kering dalam semalam. 

Di akhir pekan, coba ajak si Kecil untuk membantu Moms membersihkan sepatunya, seperti menyikat bagian luar sol yang kotor. Ini bisa jadi acara seru bersama anak. Selamat mencoba ya Moms…

^IK