Secara umum, bayi akan mulai menunjukan tanda bahwa dia sedang belajar berjalan di usia 10 bulan ke atas. Beberapa bayi bahkan akan memulai lebih cepat dari itu, tetapi ada juga bayi di atas setahun yang belum bisa berjalan. Terkadang hal ini membuat Moms khawatir apakah bayi Moms mengalami keterlambatan atau tidak. Bayi yang sudah mampu berjalan sebelum usia 18 bulan masih merupakan kategori yang aman. Ketika Moms kebingungan tentang anak Moms yang belum bisa berjalan di usia yang seharusnya dia sudah bisa berjalan, maka Moms bisa menerapkan beberapa tip sederhana ini di rumah: 

Jangan batasi si Kecil 

Terkadang si Kecil yang terlalu aktif membuat Moms kewalahan dan lebih sering menggendong hingga meletakkannya di kereta dorong. Dan ada beberapa yang masih menggunakan baby walker agar anaknya cepat berjalan, padahal penggunaan baby Walker sudah tidak disarankan lagi ya Moms. Selain tidak membantu anak cepat berjalan penggunaan baby walker juga meningkatkan risiko anak terjatuh. 

Menitah 

Menitah adalah rahasia umum anak agar cepat bisa berjalan. Saat menitah sebaiknya Moms berjalan perlahan di belakang si kecil, angkat tangannya lebih tinggi dari kepala. Jangan menarik tangannya dengan keras ya Moms. Usahakan kaki si Kecil tetap menapak di tanah. 

Biarkan si kecil tanpa alas kaki 

Biarkan si kecil berjalan dengan bertelanjang kaki atau tanpa alas kaki. Bertelanjang kaki ini berfungsi melatih sensorik dan otot kaki hingga melatih keseimbangan dan koordinasi si kecil. Tetap pastikan lantai atau tempat si Kecil berjalan, aman dari benda benda berbahaya. 

Berikan si kecil mainan dorong 

Berikan si Kecil mainan dorong, bisa berupa mainan sederhana seperti kursi atau mainan khusus seperti push walker. Bermain dengan cara mendorong sambil berjalan akan membuat si Kecil melatih keseimbangan dan percaya dirinya. Pastikan mainan dorong tersebut kokoh dan aman ya Moms. 

Berikan hadiah 

Cara ini bisa Moms lakukan ketika si Kecil sudah bisa berdiri mandiri tanpa pegangan tetapi masih sulit untuk memulai melangkah. Caranya, Moms berada beberapa langkah di hadapan si Kecil dan pegang mainan atau benda kesukaannya kemudian tawari. Si kecil secara naluri akan berusaha mendapatkan apa yang dia sukai atau mainan tersebut. Menggunakan teknik ini bisa dilakukan secara perlahan dan bertahap di setiap harinya. Bagaimana Moms? Mudah kan? Moms bisa melatih ini setiap hari di rumah dengan cara yang menyenangkan. Tetap perhatikan keamanan dan keselamatan si Kecil ya Moms.