Memasuki usia 3 - 6 bulan bayi akan menunjukkan kemampuannya berguling. Berguling merupakan gerakan koordinasi yang melibatkan kepala, leher, pinggul, lengan dan kaki. Berguling juga merupakan gerakan pertama bayi berpindah. Ketika bayi sudah mampu berguling ke kanan dan ke kiri, umumnya akan dilanjutkan dengan keterampilan tengkurap.

Keterampilan berguling ini sudah mulai dikembangkan ketika bayi memasuki usia 3 bulan. Sebelumnya, cobalah cermati terlebih dahulu kemampuan bayi mengangkat kepalanya. Bila belum mampu mengangkat kepalanya, bantu bayi untuk tengkurap. Untuk langkah awal, tengkurapkan bayi selama kurang lebih 30 detik, kemudian secara perlahan tambahkan durasi waktunya hingga bayi merasa nyaman. 

Setelah bayi sudah merasa nyaman dengan posisi tengkurap, stimulasi kemampuan bayi untuk mengangkat kepalanya dengan menggoyang-goyangkan mainan warna – warni yang berbunyi di atas kepalanya. Bila lehernya sudah kuat dan mampu mengangkat kepala, rangsang bayi untuk berguling agar dapat lanjut mengembangkan keterampilan tengkurap. 

Nah, untuk menstimulasi keterampilan berguling, letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi, kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Dengan demikian bayi akan tergerak untuk berguling agar dapat meraihnya.  Bila perlu bantu bayi agar mampu berguling pada awalnya. Caranya, silangkan paha bayi agar badannya ikut bergerak miring sehingga memudahkan bayi berguling.

Ada pula bayi yang sudah terampil berguling dari posisi tengkurap ke posisi telentang, tetapi belum dapat berguling dari posisi sebaliknya, padahal usianya sudah 4 bulan. Pada kondisi ini, tak perlu khawatir ya Moms, karena umumnya bayi lebih suka berguling dari posisi tengkurap ke posisi telentang. Gerakan tersebut lebih mudah dilakukan dibandingkan posisi sebaliknya. Dari posisi tengkurap ke posisi telentang, bayi dapat menggunakan lengannya untuk mendorong tubuhnya memulai gerakan berguling.

Nah, ketika bayi sudah mampu berguling umumnya akan dilanjutkan dengan tengkurap. Bila Moms sudah melakukan stimulasi, namun hingga usia 6 bulan bayi belum mampu tengkurap sendiri, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk diperiksakan dan dilakukan terapi ya. Moms tidak perlu terlalu khawatir karena perkembangan si kecil akan meningkat sedikit demi sedikit seusai pertambahan usianya ya.