Dalam rangka membantu untuk menstimulasi kecerdasan si Kecil,  Moms harus memperhatikan beberapa aspek baik dari segi stimulasi di rumah hingga nutrisi si Kecil. Salah satu nutrisi yang baik untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak adalah omega-3. Omega 3 ini sangat terkenal dan mudah ditemukan di mana saja dalam bentuk suplemen. 

Dikutip dari laman Medical News Today,  bahwa asam omega 3 merupakan jenis lemak yang penting dan menyehatkan serta menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Ini berarti omega 3 adalah mikronutrien yang wajib ada setiap harinya untuk mendapatkan berbagai manfaat yang luar biasa untuk tubuh si Kecil.

Berbagai macam merk suplementasi omega 3 sudah sangat mudah dijumpai. Tetapi untuk Moms yang lebih menyukai omega 3 dari sumber makanan alami,  maka beberapa referensi bahan makanan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan : 

Ikan 

Siapa yang sering melihat ikan yang lalu lalang di iklan suplemen omega-3 ? Yup, betul sekali menggunakan ikan sebagai maskot sumber omega 3 merupakan hal yang wajar dan benar karena beberapa jenis ikan seperti ikan makarel, salmon hingga sarden mengandung omega-3 di dalamnya. Moms bisa menambahkan ikan dalam menu MPASI si Kecil.   Selain menambah cita rasa, si kecil juga bisa mendapatkan omega 3 dan beberapa mikronutrien lainnya. 

Kerang dan udang 

Tidak suka ikan ? Tenang, ada 2 jenis hewan laut lagi yang ternyata mengandung omega-3 di dalamnya. Kerang dan udang mengandung omega 3 dan beberapa mikronutrien lain yang tidak kalah penting yakni zinc dan vitamin B-12 untuk kerang dan pottasium untuk udang. Pilihlah udang dan kerang yang segar untuk diolah sebagai makanan untuk si kecil ya Moms. Karena biasanya ada beberapa anak yang memiliki resiko alergi maka berikan dalam porsi kecil terlebih dahulu. 

Biji-bijian 

Jika Moms atau si Kecil tidak menyukai seafood mungkin beberapa jenis biji-bijian ini akan menjadi alternatif yang menggiurkan untuk mendapatkan omega 3. Biji-bijian dengan kandungan omega 3 antara lain chia seed atau flax seed. Kemungkinan Moms lebih familiar dengan chia seed. Selain memiliki banyak sekali mikronutrien penting pengolahan chia seed juga tidak merepotkan. Moms bisa mencampur chia seed dengan susu kemudian disimpan di kulkas sebagai camilan si Kecil. Selain dengan susu,  Moms juga bisa mencampurkan chia seed dengan buah-buahan favorit si Kecil. 

Edamame 

Edamame yang terkenal sebagai sumber protein nabati ternyata di dalamnya juga mengandung omega-3 dan beberapa mikronutrien baik lainnya. Moms bisa menambahkan edamame sebagai tambahan protein nabati serta omega-3 di dalam menu MPASI atau camilan si Kecil.

Minyak kedelai 

Minyak kedelai atau biasa dikenal sebagai soybean oil ternyata mengandung Omega-3. Moms  bisa menggunakan minyak kedelai ini untuk menumis makanan si Kecil atau mencampurkannya sebagai lemak tambahan. Selain mengandung Omega-3 minyak kedelai ini juga mengandung tinggi riboflavin, pottasium hingga vitamin-K. 

Bagaimana Moms, cukup mudah bukan menemukan beberapa bahan makanan yang mengandung omega-3 di atas ?