Di zaman modern ini, banyak pasangan  suami  istri yang sama-sama bekerja di luar rumah dan menyita waktu, tenaga dan pikiran. Karena itu urusan pengasuhan anak tidak bisa sepenuhnya dilakukan oleh berdua saja.  Sebagian besar pasangan memilih beberapa opsi untuk pengasuhan anak,  seperti dititipkan di daycare, menyewa tenaga baby sitter atau dititipkan pada kakek dan neneknya. 

Sebenarnya sah-sah saja, apa pun pilihannya semua kembali kepada kebijakan keluarga masing-masing. Menitipkan di manapun memiliki untung rugi yang mesti ditimbang dengan matang. 

Selain memerhatikan aspek kenyamanan, keamanan dan aspek yang lain. Dari semua opsi yang masih banyak peminatnya adalah menitipkan anak kepada orangtua. Sebagian dari orangtua berpikir bahwa menitipkan buah hati mereka kepada orangtua itu lebih aman dan nyaman serta tidak perlu was-was sepanjang waktu. Tetapi apakah kakek nenek setuju ? Berikut adalah tips sebelum menitipkan anak kepada orang tua :

Berkomunikasi dengan baik 

Point  terpenting dari segala point adalah komunikasi. Banyak hal yang harus dibicarakan sebelum menitipkan anak kepada orangtua, terlebih jika orang tuanya sudah sepuh. Tanyakan terlebih dulu bagaimana pendapat orangtua ketika kita menitipkan anak,  apakah merasa keberatan atau tidak, bagaimana nanti pola pengasuhan dan lain sebagainya. Semua hal perlu komunikasi yang matang,  bukan hanya sekadar minta izin untuk menitipkan anak. Komunikasi yang panjang di awal akan menimbulkan lebih sedikit konflik ke depannya. 

Berkompromi dengan anak 

Point ini bisa dilakukan jika anak sudah mengerti dalam diajak berkomunikasi. Jelaskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di rumah kakek dan nenek atau sekadar cara berkomunikasi dengan menggunakan kata yang sopan kepada kakek dan nenek. 

Tidak terlalu kaku dengan aturan 

Terkadang setiap ibu memang ingin yang terbaik untuk buah hatinya begitu pun setiap nenek kepada cucunya. Tetaplah berpikir positif jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikiran,  maka lakukan pendekatan dengan berkomunikasi yang baik agar tidak menyinggung orangtua. 

Berikan apresiasi kepada orangtua 

Memberikan apresiasi kepada orangtua tidak selalu harus memberikan uang setiap bulan di tanggal yang sama. Itu bisa menimbulkan rasa ketersinggungan yang menyebabkan ketidaknyamanan ke depannya. Berikan apresiasi yang simpel tapi bermakna seperti mengajak kakek nenek piknik atau sekadar jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. 

Beberapa point di atas adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Moms ingin menitipkan anak pada orangtua. Kebanyakan dari tips di atas mengarah ke cara berkomunikasi yang baik antara Moms dengan orangtua.