Pandemi COVID19 masih belum nampak tanda-tanda akan berakhir dan kehadiran varian baru Omicron malah membuat jumlah kasus meledak. Walau begitu, sebagian sekolah mulai mewajibkan anak-anak untuk masuk kelas tatap muka. Hal ini tentunya membuat Moms was-was dan berpikir apakah ada yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas anak agar lebih kuat. 

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Moms terapkan untuk mendukung sistem imun si Kecil. 

Hindari Makanan Tinggi Gula dan Makanan Ultra Proses 

Tahukah Moms, dalam jangka 30 menit setelah memakan makanan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan gula putih, kemampuan sel darah putih kita untuk memakan virus dan bakteria berkurang hingga 50%! Makanya, menjaga gula darah tetap normal adalah salah satu cara penting untuk mendukung sistem imun yang baik. Begitu juga dengan makanan ultra proses seperti kornet, sosis, dan sebagainya, biasanya mengandung gula tambahan,  yang seringkali tidak disadari orang tua melebihi jumlah asupan gula tambahan yang dianjurkan. Sebagai catatan, anak di bawah dua tahun tidak disarankan mengonsumsi gula tambahan apa pun. Sedangkan untuk anak di atas 2 tahun tidak dianjurkan melebihi 25 gr sehari atau 6 sdt. 

Diet Pelangi 

Mengonsumsi diet yang terdiri dari buah dan sayuran dari berbagai macam warna akan membantu untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak hanya penting untuk pertumbuhan si Kecil, tetapi juga untuk imunitas tubuhnya dalam melawan infeksi dan radikal bebas. 

Ajak si Kecil Bergerak 

Meskipun pemerintah menghimbau kita untuk di rumah saja, bukan berarti si Kecil diberikan gawai seharian dan tidak menggerakkan tubuhnya. Ajak si kecil menggerakkan tubuhnya dengan cara menyenangkan seperti menari, berlari, atau bersepeda di depan rumah. Olahraga tidak hanya membuat tubuh terasa lebih bugar, tetapi juga punya efek baik untuk memperkuat sistem imun dan menurunkan inflamasi di dalam tubuh. 

Prioritaskan Tidur 

Kurang tidur dapat melemahkan sistem imun saat melawan infeksi. Oleh sebab itu, praktikkan rutinitas tidur yang konsisten dan hindarkan si kecil dari paparan gawai beberapa jam sebelum waktunya tidur. 

Makanan Peningkat Imun 

Memasukkan herbal dan rempah yang punya zat aktif untuk meningkatkan respons imun seperti kunyit, sambiloto, bawang putih, jahe, oregano, dan jintan hitam dalam diet si Kecil juga bisa jadi pilihan preventif yang bisa Moms coba. Makanan-makanan fermentasi seperti yogurt dan kimchi juga mengandung probiotik yang bisa memperkuat sistem imun lo, Moms. Itu dia beberapa tips untuk menjaga imunitas anak selama pandemi ini. 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap tertib protokol kesehatan ya, Moms!