Saat punya balita, ada kalanya ingin bepergian jauh keluar kota atau ke tempat saudara yang jaraknya lumayan butuh waktu, lebih dari dua jam waktu tempuh. Tapi, masih bingung mau jadi pergi atau pending, sampai anak lumayan besar. Dengan alasan takut anak tiba tiba tantrum di tengah jalan / anak tidak nyaman dengan perjalanan. 

Tapi, kita juga kan enggak mungkin menunda perjalanan hanya karena anak, menunggu anak besar baru jalan. Khawatirnya ketika besar, anak enggak mau ikut sama kita. Kalau saya, pertama kali pergi keluar kota saat Alicia berumur 5 bulan, perginya tidak jauh, cuma ke daerah Gunung Putri Bogor, kira-kira 3 jam dari rumah. Itu pun dengan bawaan yang lumayan banyak dan persiapan yang matang karena Alicia masih full ASI,  jadi cukup aman untuk bepergian dan menginap, enggak perlu repot mikirin makannya. Selama di perjalanan, Alicia cukup anteng dan terbilang tenang. Bila Moms ingin mengajak anak pergi keluar kota,berikut tip dari saya: 

Tentukan jadwal perjalanan 

Biasanya kalau mau pergi keluar kota, saya sudah membuat rencana jauh-jauh hari, baik mengenai waktu dan tempatnya. Saya lebih memilih jalan saat akhir pekan karena lebih enak dengan pertimbangan jalan lancar, jadi waktu tempuhnya bisa  lebih cepat . 

Pilih waktu jam tidur anak

Kalau mau pergi keluar kota dengan menggunakan transportasi massal, seperti kereta, saya lebih pilih ambil jam keberangkatan waktu tidur anak, jadi aman di perjalanan karena  anak bisa tidur. Atau kalau sekadar ke rumah kakak yang di Gunung Putri bisa pergi saat jam tidur siang anak. Kira- kira jalan setengah jam di perjalanan, Alicia sudah tertidur. 

Kondisi anak sehat 

Pastikan kondisi anak sehat sebelum pergi keluar kota. Karena, dengan kondisi sehat saja, kadang anak rewel di jalan, apalagi bila ia kurang sehat, yang ada sepanjang jalan rungsing. 

Pastikan perut anak kenyang 

Kalau masih full ASI, Moms bisa menyusui anak terlebih dulu sebelum berangkat. Kalau sudah makan 1 jam sebelum perjalanan, anak bisa makan terlebih dulu biar nyaman di jalan, dan tidak ribet harus menyuapi anak di kendaraan. 

Pilih kelas bisnis untuk kendaraan umum 

Jika menggunakan kendaraan umum seperti kereta api / pesawat, bila memungkinkan pilih kelas bisnis agar leluasa bergerak, apalagi punya toddler yang aktif banget. Bila naik kelas ekonomi, bisa mengganggu penumpang yang lain.

Bawa camilan dan mainan kesukaan anak 

Penting sekali ketika perjalanan jauh membawa balita, Moms juga harus ingat untuk membawa camilan dan mainan kesukaan si anak untuk membuat anak tidak bosan selama di dalam perjalanan. 

Bercerita atau mengenalkan kendaraan di sekitar 

Kalau saya pergi jauh dan Alicia melek, selama di perjalanan, saya akan bercerita atau menunjuk kendaraan sekitar, misal " Alicia, itu mobil truk besar warna kuning bawa batu nak”, -sambil tunjuk mobilnya atau“ Wah, di pinggir jalan ada pohon besar ya, nak. " 

Demikian Moms tip perjalanan jauh ala saya. Alhamdulillah selama perjalanan Alicia selalu happy. Semoga bermanfaat ya Moms .