Moms masih suasana liburan sekolah. Salah satu kegiatan yang asyik dilakukan bersama si Kecil adalah kemping, Moms. Kemping pun bisa menjadi cara mendekatkan si Kecil dengan alam, sehingga dia meghargai keindahan alam, dan kelak mau memeliharanya. 

Banyak lokasi kemping yang kini bisa Moms dan keluarga jadikan pilihan. Tapi, untuk si Kecil masih pemula dalam berkemah, jangan bayangkan mengajak si Kecil ini kemping ala Moms sewaktu bareng teman SMA dulu. Kemping yang memakai tenda seadanya dan membawa perbekalan sederhana. 

Carilah tempat kemping ramah anak, Moms. Area glamping, misalnya. Banyak kok pilihannya yang cukup ramah di kantong. Meski memang lebih mahal ketimbang kemping biasa. Tapi, intinya agar si kecil merasa bahagia di alam bukan? Bukan dengan segala rupa keribetan, misalnya Moms dan Dads harus mencari lokasi mendirikan tenda dan mencari area yang memungkinkan keluarga bisa ‘urusan ke belakang’.

Nah, selain lokasi yang ramah dan disukai anak, berikut beberapa hal yang tetap Moms wajib bawa:

Tenda 

Beberapa area kemping menyediakan tenda ini. Tapi, jika mau bawa sendiri juga boleh. Pilih kualitas yang bagus agar bisa menjadi perlengkapan inverstasi keluarga. Selain itu, cek ini juga: 

Pasokan makanan

Sebelum kemping, Moms cek dulu kepada pihak pemilik area tentang boleh tidaknya memasak atau memanggang di area. Ketahui jenis kompor yang boleh dibawa. Dan, tanyakan juga apakah ada peralatan masak atau memanggang yang bisa dipakai atau disewa. 

Oh ya bawa makanan secukupnya. Jangan seperti memindahkan isi kulkas ya, Moms. Bisa mubazir dan menghabiskan tempat di mobil dan tenda. Moms terpenting jangan lupa bawa camilan kesukaan si Kecil.

Air, air, air

Bawa air ini penting. Karena, si Kecil banyak berlarian sehingga dia pasti mudah haus. Dan, Moms juga bisa jadi membutuhkannya untuk memasak. Bawa galon besar atau sedang atau beberapa botol besar. Botol ini juga dibutuhkan seandainya habis Moms bisa mengisinya di sumber air yang bersih, tanpa bolak-balik.

Alat makan

Piring, sendok, garpu ini wajib bawa. Bawa beberapa. Dan pilih yang tidak mudah pecah atau patah. Bawa pula peralatan masak sederhana. Di peralatan outdoor banyak pilihannya. Tapi, jika bujet mepet, bawa saja wajan, panci, talenan yang ukuran kecil dari rumah. Jangan lupa bawa sabun cuci piring dan spons. Dan, bawalah kantong sampah agar tidak meninggalkan sampah di alam sekitar kemping.

Tisu dan lap

Tisu basah sangat penting untuk membersihkan tangan atau wajah yang kotor atau berkeringat. Tapi, jika tisu basah tidak ada tulisan biodegradable atau bisa didaur ulang, jangan dipakai ya Moms…. Seperti plastik, tisu basah itu sulit diuraikan dan akan mencemari alam. 

Lebih baik Moms membawa beberapa lap atau handuk kecil. Tinggal diberikan sedikit air jika ingin kotoran lebih mudah dibersihkan. Nanti, di rumah bisa dicuci lagi.  

Tisu kering bisa dibawa. Sebaiknya pilih yang ramah lingkungan, seperti dari bahan bambu. Dan pastikan pula tisu ini tidak bertebaran di seputar area kemping. 

Lotion anti nyamuk dan serangga atau obat nyamuk bakar

Hal terakhir yang Moms tidak inginkan dari berkemah adalah Moms keluarga diganggu oleh gigitan nyamuk dan serangga yang berterbangan. Jadi sering-seringlah mengoleskan obat nyamuk. 

Untuk obat nyamuk bakar itu Moms letakkan di luar tenda. Jangan di dalam. Asapnya bisa membuat pengap.

Lampu dan kipas portabel – dan baterai ekstra

Moms sudah memilih lokasi untuk berkemping di area yang sejuk. Tapi, dengan cuaca yang terkadang berubah, ada baiknya Moms punya plan B. Apalagi saat membawa si Kecil. Dia bisa rewel untuk tidur, karena malam yang harusnya dingin ternyata terasa gerah atau siang hari yang terlalu terik. Bisa terjadi juga si Kecil itu merasa lampu di tenda dianggapnya kurang terang. 

Jadilah bawalah lampu dan kipas portable. Dan siapkan baterai atau pengisi daya ekstra untuk jaga-jaga seandainya lampu dan kipas mati di tengah malam.

Kantong tidur atau kasur udara

Kantong tidur atau sleeping bag seringnya yang dipakai untuk tidur saat berkemah. Tapi, bisa jadi si Kecil tidak nyaman tidur dalam posisi seperti dibedong. Jadi, siapkan kasur dan bantal angin yang bisa dipompa dan dikempeskan dengan mudah. Bawa pula seprai kesayanganya dan selimutnya. 

Kursi lipat atau tikar piknik

Sayang dong jika kemping hanya berdiam di dalam kemah. Ajak si Kecil untuk menikmati susu hangat dan makanannya di bentangan alam. Moms bisa membawa tikar atau kursi piknik yang bisa dilipat sehingga Moms dan keluarga bisa duduk di luar dengan nyaman.

Pakaian ekstra untuk anak-anak

Kemping membawa pakaian seadanya tidak berlaku jika membawa si Kecil. Moms tidak pernah tahu apa yang akan dia lakukan. Apakah dia tiba-tiba ingin bolak balik bermain air atau berlarian di alam atau bergulingan di rumput. Jadi, pastikan membawa pakaian ekstra untuk anak-anak. Di malam hari, pakaian ekstra ini juga bisa menjadi bantal. 

Moms, sebelum berangkat kemping sebaiknya bicara dulu dengan anak tentang seputar area yang akan dijadikan lokasi. Misalnya, jika ada lapangan luas Moms bisa tawarkan untuk membawa sepeda, frisbee atau layang-layang. Jika ada area untuk berenang yang aman di suangai atau pantai, si Kecil bisa membawa kacamata renang dan pelampungnya. Dan, si Kecil juga bisa membawa kaca pembesar jika ia ingin mengamati serangga atau hewan-hewan kecil. 

Melibatkan si Kecil dalam perencanaan ini pun bisa membangun keseruan, bahkan sebelum sampai di area kemping. 

Happy Holiday…

^IK