Nutrisi memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak. Dalam tubuh anak yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tak hanya itu, nutrisi juga penting bagi kecerdasan anak. Jika Moms khawatir apakah anak sudah cukup nutrisinya, sebaiknya cek tanda-tanda anak kekurangan nutrisi berikut: 

Lesu 

Ketika anak nampak lesu, Moms harus sigap. Itu artinya anak kekurangan zat besi. Segera berikan makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah dan bayam. Jika dibiarkan akan memberikan efek buruk bagi perkembangan anak. 

Kulit dan rambut kering. 

Rambut dan kulit yang sehat adalah cermin anak mendapat nutrisi yang cukup. Jika rambut anak telihat kering, begitu pun dengan kulitnya, maka artinya anak kekurangan vitamin E. Asupan vitamin E yang baik adalah yang diberikan ke dalam tubuh melalui kacang-kacangan. 

Masalah kesehatan gigi dan mulut 

Nutrisi pada anak tentu harus menunjang pertumbuhan mereka. Masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gusi berdarah, sariawan, hingga bau mulut akibat kekurangan kalsium dan vitamin C akan sangat mengganggu pertumbuhan tulang dan gigi anak. Jangan biarkan hal ini terjadi dalam jangka waktu lama. 

Depresi

 Anak yang bahagia dapat mempelajari sesuatu dengan cepat. Hal itu sangat terkait dengan nutrisi yang diberikan. Ketika anak kurang nutrisi, maka hormon pelepas rasa bahagia menjadi terhambat. Akibatnya anak akan mengalami depresi. Konsumsi protein yang cukup dapat membantu anak keluar dari permasalahan ini. 

Berat badan dan tinggi badan tidak sesuai usia

Kenaikan berat badan yang lambat atau terlalu berlebihan, disebabkan oleh kurangnya zat besi. Hal yang sama juga berlaku pada tinggi badan anak. Moms bisa mengeceknya melalui KMS atau tabel antropometri. Pantau secara berkala untuk mendapatkan hasil optimal dan pencegahan dini. 

Kelainan tumbuh kembang 

Ketika anak seusianya telah mampu melakukan sesuatu seperti mengenakan baju sendiri sedangkan anak Moms belum, waspadai tanda-tanda ini. Sebaiknya segera konsultasikan pada ahli gizi. Menu makanan seimbang dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan ini. Saat ini sudah terdapat beberapa aplikasi yang dapat memantau kebutuhan nutrisi anak sesuai dengan usianya. 

Jadi Moms tidak perlu khawatir lagi. Anak yang sehat tentu akan menjadi generasi emas. Waspada jika anak menunjukkan gejala-gejala kurang nutrisi dan segera berikan penanganan yang tepat sebelum terlambat. Jadilah Moms yang tanggap akan kebutuhan nutrisi anak.