Saat si Kecil memasuki usia sekolah dasar, gigi berlubang bisa menjadi penyakit yang sering menghampiri si Kecil. Sayangnya, ternyata banyak orang tua juga tidak begitu menaruh perhatian besar terhadap perawatan gigi berlubang anak. Penyebabnya sepertinya orang tua banyak berpikir bahwa  gigi anak anak itu dianggap hanya gigi sementara. Toh, nanti juga akan cpot dengan sendirinya.

Memang benar gigi anak-anak akan copot pada akhirnya untuk digantikan oleh gigi dewasa. Tapi, membiarkan gigi berlubang tanpa perawatan, ternyata memengaruhi perkembangan anak, lho, Moms… 

Gejala gigi berlubang

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa 93persen anak usia dini di Indonesia mengalami gigi berlubang. Ini jumlah yang tinggi sekali. 

Dalam istilah kedokteran, gigi berlubang ini disebut karies gigi. Pada awalnya, gigi yang mengalami karies itu tidak akan menunjukkan perubahan yang signifikan. Namun, seiring berjalannya waktu, kerusakan bisa semakin terlihat. 

Karies itu awalnya ditandai dengan bercak putih pada gigi (white spot). Bercak putih ini muncul karena adanya proses penghilangan kadar garam dan mineral (demineralisasi) pada jaringan keras gigi akibat plak dan sisa makanan yang menumpuk. Nah,  jika bercak putih ini dibiarkan terus menerus, maka bercak putih akan berubah menjadi bercak  kuning dan kecokelatan yang menyebar dan membentuk kerusakan berupa lubang pada gigi. 

Bila gigi si Kecil tidak kunjung ditangani dengan baik akhirnya akan membuat giginya mulai kehitaman, menjadi tidak utuh, rompal atau copot. Ini menunjukkan bahwa telah terjadi pembusukan. 

Bahaya gigi berlubang

Moms, masih ingatkah sakit akibat gigi berlubang? Rasa cenat cenut dan nyerinya kadang tak tertahankan, sehingga  membuat kepala pun menjadi sakit. Nah, bayangkan jika si Kecil mengalami nyeri semacam itu. Kasihan, kan

Selain nyeri atau sakit yang sangat mengganggu, gigi berlubang juga dapat membuat si Kecil mengalami ini: 

Karies gigi pada anak bisa berkembang dengan cepat.  Karena itu bila si Kecil mengalami tanda-tanda gigi berlubang perlu mendapat perawatan dengan tepat. Periksakan Si Kecil ke dokter gigi anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan cara ini gigi berlubang si Kecil dapat  diatasi dan mencegahnya terkena efek yang menyakitkan dari gigi berlubang. 

^IK