Tinggal hitungan hari Moms dan Dads menyambut kelahiran si Kecil. Semua sudah disiapkan. Tas untuk dibawa saat persalinan hari H juga sudah disiapkan. Meski demikian, Moms masih ragu, apakah semua barang diperlukan sewaktu persalinan ini sudah disiapkan semua? 

Jangan sampai Moms yang sudah kelelahan usai melahirkan, masih harus kebingungan mencari barang diperlukan, baik bagi Moms maupun si Kecil. 

Di bawah ini beberapa barang yang dibutuhkan dan sangat membantu Moms mereka sewaktu persalinan dan rawat inap di rumah sakit. 

Tisu basah 

Tisu basah pembersih wajah jadi solusi saat Moms merasa kegerahan tanpa perlu repot bolak balik basuh muka ke kamar mandi. Terlebih bagi Moms yang melahirkan dengan operasi Caesar. 

Bantal menyusui

Bagi new Moms, Benda satu ini sangat membantu saat Moms harus melakukan inisiasi dini. Bantal menyusui dapat menyangga dan memosisikan si Kecil agar bisa menyusui dengan baik.

Sepasang sikat gigi 

Benda ini seringkali terlupakan saat bergegas ke rumah sakit. Memang, sih, sikat gigi ada di mini market rumah sakit. Tapi, belum tentu merek dan jenisnya favorit Moms. Jadi sebaiknya pastikan sepasang sikat gigi dan pasta giginya masuk dalam tas bersalin ya, Moms. 

Kipas angin portable

Lonjakan hormon dan beratnya persalinan mungkin membuat Moms berkeringat lebih dari biasanya. Kalau sudah seperti ini pendingin ruangan terasa seperti angin sepoi-sepoi saja, Moms. Karena itu, jangan lupakan kipas angin portabel yang bisa diisi ulang untuk membuat Moms tidak kegerahan di rumah sakit. 

Krim puting 

Krim puting ini bermanfaat sekali bagi new Moms.  Karena saat memberikan ASI putting Moms akan terasa perih. Nah, krim ini mampu  membantu mengurangi lecet di puting payudara Moms saat menyusui. 

Bra menyusui

Sejak lahir, si Kecil sudah menyusui pada setiap 2 atau 3 jam sekali. Sehingga, bra menyusui ini menjadi penting bagi Moms. Sehingga, Moms bisa menyusui tanpa harus repot membuka bra keseluruhan. 

Kaos tank top tali

Bawa beberapa. Kaos ini bisa dipakai untuk baju dalam dari piyama atau baju rumah sakit, sehingga tidak tampak terlalu ‘terbuka’. Bawa tanktop yang berbahan lembut dan elastis dan memiliki tali yang bisa diatur panjang pendeknya. 

Celana dalam katun maxi

Celana dari katun yang lembut dengan potongan hingga ke pinggang membuat perut Moms tertutup sepenuhnya, sekaligus tidak mengiritasi kulit yang baru mengalami luka persalinan. Bawa beberapa sesuai perkiraan Moms rawat di rumah sakit.

Sepasang sandal hangat 

Jaga kaki Moms tetap nyaman dengan sandal tertutup yang hangat dan lembut. Pastikan pula sol-nya anti slip ya, Moms.  

Kaus kaki dengan gripper

Jika Moms lebih suka mengenakan kaus kaki daripada sandal untuk menghangatkan kaki Moms, itu boleh jadi pilihan. Tapi, kenakan kaos kaki yang juga memiliki gripper atau cengkraman, seperti kaos kaki bayi. Sehingga risiko terpeleset bisa dihindarkan.

^IK