Untuk Moms dan Dads yang baru pertama kali menyambut kehadiran si Kecil, perkara mengisi tas untuk persalinan atau tas bersalin mungkin menjadi perkara yang memusingkan. Wajar saja jika barang yang dibawa ada yang kurang atau malah kelebihan. 

Sebagai panduan, berikut barang-barang yang sering terlewatkan untuk dibawa, padahal penting saat menjalani persalinan di rumah sakit. 

Sebungkus ikat rambut

Untuk ringkasnya sih, sebaiknya Moms memotong rambut sebelum melahirkan. Tapi, banyak Moms yang masih memercayai bahwa memotong rambut sebelum kelahiran bisa menyebabkan gangguan pada janin. Ini mitos ya, Moms.  Tapi kalau Moms masih merasa ragu-khawatir, ya tidak apa apa. Namun, pastikan Moms membawa ikatan rambut di tas bersalin. Bawa beberapa, karena ikat rambut mudah hilang atau tercecer.

Handuk lembut

Seperti baju rumah sakit, handuk rumah sakit ini ada yang disediakan dan ada pula yang tidak. Tapi, lebih baik Moms juga membawa handuk sendiri. Setidaknya, bila handuk rumah sakit terasa kurang lembut atau (biasanya) ukurannya terlalu kecil, Moms bisa menggunakan handuk sendiri tanpa repot.

Botol/gelas air isi ulang dan sedotan

Di kamar rawat, biasanya rumah sakit hanya menyediakan 1 gelas kecil. Repot kan jika bolak balik mengisinya di dispenser. Jadi, bawalah botol atau gelas air minum yang besar dari rumah. Bawalah pula sedotan ramah lingkungan milik Moms untuk memudahkan Moms minum, sekaligus tidak membuat banyak sampah plastik.

Kabel pengisi daya telepon ekstra panjang

Stop kontak di rumah sakit terkadang terletak agak jauh dari posisi ranjang rumah sakit Moms. Ini akan menyulitkan Moms untuk tetap berkomunikasi dengan nyaman sewaktu pengisian daya berlangsung. Jadi, bawa kabel pengisi daya telepon yang cukup panjang.

Sabun dan krim wajah

Berdandan mungkin tidak terpikirkan oleh Moms yang baru melahirkan si Kecil. Tapi, bukan berarti perawatan wajah juga dilupakan. Tetap kemasi perawatan wajah ini dalam tas bersalin agar kulit Moms tetap terjaga dengan baik. 

Bawa saja dalam botol atau kemasan kecil karena berguna sekali, Moms.  Apalagi pendingin ruangan rumah sakit seringkali super dingin yang membuat wajah Moms terasa kering.

Pelembap bibir dengan vitamin

Ruang operasi dan ruang rawat inap rumah sakit memiliki pendingin ruangan yang dingin dan kering. Ini semuanya juga memengaruhi kelembapan bibir Moms yang berharga. Ga enak, lho, kalau bibir Moms sampai kering, apalagi pecah-pecah. Jadi, pastikan Moms membawa pelembap bibir ini agar bibir Moms tetap lembut dan halus.

Krim tubuh yang menghidrasi

Lagi-lagi ini untuk menghadapi hawa dingin dan kering dari rumah sakit. Moms jangan lupa membawa pelembap tubuh, atau setidaknya krim untuk tangan dan kaki yang sering terpapar udara kering ini. 

Kulit kering itu tidak nyaman. Membuat terasa gatal pula. Apalagi untuk Moms yang baru melahirkan.  Jangan segan untuk meminta bantuan Dads untuk memakaikan di bagian yang sulit terjangkau, seperti punggung dan pinggang belakang. 

Map plastik dokumen

Banyak dokumen penting yang Moms harus siapkan sewaktu masuk rumah sakit, seperti identitas diri, rujukan rumah sakit, kartu keluarga, kartu asuransi kesehatan, berikut foto kopinya. Begitu juga saat pulang nanti.  Misalnya hasil Tes Apgar si Kecil, surat keluar dari sakit dan rujukan untuk konsultasi berikutnya, bukti pembayaran rumah sakit,  petunjuk kesehatan atau perawatan untuk Moms. Bisa jadi pula si Kecil memiliki kondisi khusus sehingga membutuhkan petunjuk perawatan khusus. 

Nah, ini bisa  semua bisa tercecer atau hilang jika tidak diatur dan disatukan dalam map. Bawa map plastik harmonika atau map yang memiliki sekat-sekat, sehingga Moms bisa memisahkan untuk masing-masing dokumen. 

Kantong tas belanja serba guna

Begitu Moms dan si Kecil diizinkan untuk pulang ke rumah, Moms dan Dads pasti buru-buru ingin mengemas segalanya. Nah, kantong tas belanja serbaguna ini bermanfaat sekali. Moms tinggal memasukkan sebanyak mungkin popok, celana dalam, baju kotor, dan ragam krim ke dalamnya. 

Bawalah beberapa kantong tas belanja serbaguna yang bisa dilipat kecil, sehingga tidak menyesakkan isi tas untuk persalinan. Dan  jika tidak terpakai pun tidak akan memberatkan. 

Travel toiletries kit

Bawalah perlengkapan mandi sendiri. Ukuran kecil saja, dan dikemas dalam tas toiletries yang biasa Moms pakai sewaktu travelling. Rumah sakit memang menyediakan sabun atau sampo, tetapi  biasanya standar saja. Khususnya untuk sampo, jika tidak cocok bisa bikin kulit kepala gatal, bahkan ketombe. Enggak nyaman banget ya, Moms. 

Selain itu, harum dari sabun dan sampo sehari-hari juga bisa membuat Moms merasa lebih nyaman, serasa di rumah sendiri.  

Selain barang yang wajib ada barang yang sebaiknya Moms tinggalkan yaitu buku. Karena dipastikan Moms tidak akan punya waktu senggang untuk membacanya. Moms juga tidak perlu membawa stroller, karena memang si Kecil belum bisa diajak jalan-jalan juga di rumah sakit. Cukup Moms cek item barang untuk isi tas bersalin di atas saja agar  Moms merasa nyaman di rumah sakit. Cek sekali lagi agar tidak terlupa ya, Moms. 

^IK