Menstruasi terhenti, payudara terasa melunak, dan selalu merasa lelah, antara gejala klasik yang umumnya menjadi ciri-ciri hamil muda pada minggu pertama.  

Namun, di samping hal di atas Moms mungkin mengalami satu atau beberapa kondisi tak terduga di bawah ini. Bisa terasa aneh, membingungkan atau membuat cemas. Jadi, coba Moms kenali juga 10 gejala kehamilan ini agar lebih tenang: 

Keputihan dini

Hamil malah keputihan? Bisa saja terjadi, Moms. Vagina akan mengeluarkan lendir yang lengket, berwarna putih atau kuning pucat pada awal trimester pertama dan selama kehamilan. Peningkatan hormon dan aliran darah vagina menyebabkan keluarnya cairan. Kondisi ini meningkat selama kehamilan untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina Moms melunak. 

Suhu tubuh meningkat

Saat bangun di pagi hari tubuh terasa lebih  panas. Ini bukan demam, lho, Moma. Melainkan peningkatan suhu tubuh akibat ovulasi. Tetapi jika suhu ini (disebut suhu tubuh basal) tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, Moms mungkin hamil

Kepala terasa sakit, timbul kram, dan  ingin buang air kecil sepanjang waktu

Perubahan volume darah dan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa wanita hamil juga mengalami kram seperti menstruasi di kedua sisi perut bagian bawah. Dan kebanyakan wanita hamil akan ekstra bolak balik ke kamar kecil. Mengapa?  Itu karena rahim Moms yang membesar memberi tekanan pada kandung kemih Moms. 

Ruangan terasa berputar

Kehamilan menyebabkan tekanan darah turun dan pembuluh darah membesar, sehingga Moms bisa saja menderita sakit kepala dan pusing kepala serasa vertigo  pada trimester pertama.

Moms baru waspadai jika eskalasi pusing terus bertambah  disertai pendarahan vagina dan nyeri perut yang parah. Ini bisa menjadi tMoms kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan). Pada kehamilan ektopik, sel telur yang telah dibuahi berada di luar rahim. Pastikan segera ke dokter untuk menghindari komplikasi yang mengancam jiwa.

Sulitnya urusan BAB 

Perut terasa kembung. Ingin buang angin,  tapi susah. Urusan BAB (Buang Air Besar) juga sulit. Moms, perubahan hormon kehamilan dapat menyebabkan sembelit. Sistem pencernaan Moms melambat selama kehamilan. Namun, kondisi ini memberi waktu ekstra untuk kecukupan nutrisi diserap aliran darah Moms dan mencapai si kecil yang berada di dalam rahim.

Tiba tiba ada menstruasi?

Sekitar 25 - 40 persen wanita hamil akan mengalami pendarahan ringan atau bercak di awal kehamilan mereka. Ini terjadi saat sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Kondisi  ini disebut pendarahan implantasi  yang biasa terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan.

Gampang sakit

Kehamilan menurunkan kekebalan Moms. Tak mengherankan Moms rentan terkena batuk, pilek, atau flu yang sering terjadi di awal kehamilan.

Dada serasa terbakar

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan, termasuk katup antara perut dan kerongkongan Moms. Asam lambung bisa jadi naik ke atas. Ini yang membuat area dada seolah terbakar.  

Swing mood

Hormon Moms tiba-tiba berubah saat  hamil.  Perubahan hormon memengaruhi emosi. Akibatnya selama kehamilan suasana hati dan emosi Moms mudah sekali berubah. Moms pun lebih sensitif.

Serasa mengunyah logam

Peningkatan estrogen dan progesteron selama kehamilan dapat menimbulkan kondisi dysgeusia, yaitu gangguan indra perasa yang membuat lidah serasa mengecap logam.

Jadi Moms, jika Moms mengalami ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama seperti di atas, siap-siap beli alat tes kehamilan ya, Moms.