Buah kurma yang identik sebagai takjil saat Bulan Ramadan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Ada berbagai manfaat kurma untuk ibu hamil yang memberikan dampak positif baik pada bayi maupun pada ibu yang mengandung. 

Kurma memiliki banyak kandungan yang baik bagi ibu hamil. Mulai dari gula untuk penambah energi, asam amino, kalsium, glukosa, magnesium, fosfor, dan berbagai kandungan lain untuk ibu hamil. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai manfaat kurma bagi ibu yang sedang hamil.

  1. Menambah Energi Selama Masa Kehamilan

Seorang ibu hamil sudah jelas membutuhkan lebih banyak asupan energi daripada biasanya. Hal ini karena, ibu hamil harus membagi nutrisi yang didapatkannya dengan janin yang sedang dikandungnya. 

Ibu hamil membutuhkan energi tambahan yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan usia kehamilan ibu hamil. Misalnya, jika ibu hamil sedang pada masa trisemester pertama maka kalori tambahan yang dibutuhkan sekitar 180 kalori. 

Manfaat kurma untuk ibu hamil trisemester 3 adalah memberikan tambahan kalori sebanyak 300 kalori. Tidak heran, jika kurma baik untuk dikonsumsi ibu hamil. 

  1. Sebagai Camilan Rendah Gula 

Manfaat kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai camilan yang rendah gula. Ibu hamil pasti sangat menyukai cemilan. Hal ini merupakan kebiasaan yang baik karena bisa menambah nutrisi pada janin. 

Namun, cemilan yang dimakan oleh ibu hamil tidak boleh hanya sekedar cemilan. Cemilan yang dipilih haruslah cemilan sehat dan rendah gula. Buah kurma bisa menjadi cemilan yang tepat bagi ibu hamil. 

Karena, walaupun rasa buah kurma ini sangat manis namun indeks glikemiknya terbilang rendah. Indeks glikemiks sendiri adalah acuan pola makan dalam pengendalian kadar gula darah tinggi. 

  1. Memberikan Asupan Asam Folat Bagi Janin 

Salah satu kandungan yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan janin adalah asam folat. Asam folat dapat mencegah bayi mengalami cacat bawaan. Terutama yang berhubungan dengan cacat otak dan bagian sumsum tulang belakang. 

Karena itu, para ibu hamil sangat direkomendasikan makan makanan yang mengandung asam folat selama mengandung. Kurma merupakan salah satu pilihannya. 

  1. Memperlancar Kontraksi Saat Persalinan 

Mengonsumsi buah kurma secara rutin dapat merangsang produksi hormon oksitosin pada tubuh. Oksitosin sendiri merupakan hormon yang berfungsi merangsang kontraksi rahim. Hal ini tentu saja, akan memperlancar proses persalinan bayi. 

Manfaat kurma untuk persalinan ini sangat penting bagi ibu. Karena dengan adanya hormon oksitosin yang tinggi dalam tubuh. Ibu tidak perlu mendapatkan tambahan suntikan oksitosin untuk memperlancar persalinan. 

Itulah manfaat kurma untuk ibu hamil, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Disarankan bagi ibu hamil untuk memakan enam buah kurma per hari. Terutama selama 4 minggu sebelum tanggal kelahiran yang sudah diperkirakan.

^ER