Mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) tentu akan membuat Moms menjadi semakin sibuk untuk melakukan persiapan menyambut si Kecil. Namun, bagi sebagian Moms terutama new Moms mungkin akan timbul perasaan cemas, takut, dan bingung memikirkan bagaimana proses persalinan nanti. Jangan khawatir ya Moms, jika fokus pada rasa cemas tentu akan membuat Moms merasa gelisah dan semakin takut lho. Yuk, coba relaks dengan beberapa kegiatan berikut ini: 

Lakukan Istirahat 

Istirahat adalah salah satu cara yang bisa membuat Moms tenang dari rasa cemas persalinan, ya meski kondisi tubuh yang semakin besar akan merasakan kesulitan untuk beristirahat. Ayo, cobalah untuk meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dengan posisi yang membuat Moms merasa tenang dan nyaman. 

Yuk, Tenangkan Diri dengan Berolahraga 

Mendekati persalinan cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kecil di pagi atau sore hari.  Kegiatan olahraga ini bisa membuat proses persalinan menjadi lancar lho. Terlebih bagi Moms yang ingin melahirkan secara normal. Banyak olahraga yang bisa Moms lakukan saat menanti persalinan, seperti yoga atau berenang. Sebaiknya konsultasi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan ya Moms. 

Manjakan Diri agar Tubuh Lebih Relaks 

Ingin tubuh tetap relaks? Mams bisa nih, melakukan spa khusus ibu hamil lho. Pijatan lembut dari terapis akan membuat Moms merasa nyaman. Bukan hanya itu, Moms bisa juga melakukan relaksasi sederhana di rumah dengan menyediakan air hangat untuk merendam kaki. 

Makan yang Cukup dan Enak

Makan enak sebelum persalinan itu menjadi hal yang penting, Moms.Mengonsumsi makanan yang diidam-idamkan atau makanan kesukaan bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih nyaman dan tenang. Tapi ingat ya Moms, konsumsi makanan sesuai dengan porsinya, jangan sampai membuat Moms terlalu kekenyangan. Tetap hindari makanan-makanan cepat saji. Bila perlu, cobalah untuk melakukan konsultasi pada dokter jika ingin mengonsumsi makanan-makanan tertentu seperti makanan setengah matang atau dibakar. 

Siapkan Keperluan Bersalin 

Persiapan menjelang HPL yang paling utama adalah menyiapkan keperluan untuk dibawa ke rumah sakit atau klinik, seperti pakaian Moms dan si Kecil serta perlengkapan yang harus digunakan nanti saat persalinan dan sesudah persalinan. Siapkan semua barang-barang yang dibutuhkan di dalam satu tas, sehingga jika sudah ingin berangkat ke klinik Moms bisa langsung membawanya. 

Tidak perlu panik dan cemas bukan saat proses melahirkan di depan mata? Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas yang Moms alami sebelum HPL. Semoga bermanfaat.