Setiap wanita yang mengandung pasti ada rasa tidak suka pada satu jenis makanan,  termasuk nasi. Banyak yang mencium aroma nasi langsung mual,  bahkan ada yang dengar kata nasi sudah mual muntah. 

Nasi adalah sumber karbohidrat. Karbohidrat adalah nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh bersama protein dan lemak. Ada banyak manfaat karbohidrat bagi tubuh. Fungsi utamanya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Sebagian dari karbohidrat diubah langsung menjadi energi untuk aktivitas tubuh, dan sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot. 

Menurut Institute of Medicine, baik sedang hamil atau tidak, 45 persen hingga 65 persen kalori harian Anda harus berasal dari sumber karbohidrat. Makanlah 175 gram karbohidrat, yang 28 gram nya berasal dari serat nabati (sayur dan buah). Hal ini bertujuan untuk menghindari lonjakan kadar gula darah.  Jadi kebayang kan gimana kondisi bumil jika kurang karbohidrat gimana.  Nah,  untuk menyiasati kebutuhan karbohidrat bumil berikut ini sumber karbohidrat selain nasi : 

Pisang 

Pisang termasuk buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang, dapat mengandung 26,95 g karbohidrat. Pisang juga menjadi bahan makanan sumber potasium yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Apel 

Apel adalah buah lezat yang kaya akan nutrisi, termasuk karbohidrat.Satu buah apel berukuran sedang dapat mengandung 25,13 g karbohidrat.Apel juga bisa menyediakan vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat.

Jagung 

Dalam 100 g jagung, terkandung 25 g karbohidrat dan 3,36 g protein.Tak hanya itu, jagung juga sanggup menyediakan asupan vitamin C yang baik.Menurut sebuah penelitian pada 2007, jagung bermanfaat untuk kadar gula darah dan tekanan darah tinggi. 

Ubi jalar 

Melansir Medical News Today, satu buah ubi jalar berukuran sedang dengan kulitnya dapat mengandung kurang lebih 23,61 gram karbohidrat.Menariknya, ubi jalar juga merupakan makanan sumber potassium, vitamin A, dan vitamin C. 

Quinoa 

Quinoa adalah biji gandum, quinoa yang dimasak terdiri dari 21,3% karbohidrat. Hal ini menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Namun, ini juga merupakan sumber protein dan serat yang baik. Makanan ini kaya akan banyak mineral dan senyawa tanaman yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Oat 

Oat mentah mengandung 66% karbohidrat, hampir 11% di antaranya adalah serat. Makanan ini juga merupakan sumber protein yang relatif baik, mengandung lebih banyak protein dari kebanyakan biji-bijian. 

Singkong 

Karbohidrat di dalam singkong per 100 gramnya mengandung 38,06 gram dengan lemak total 0,28 gram sehingga benar-benar aman untuk ibu hamil yang takut berat badannya naik terlalu banyak. Selain dari karbohidrat tinggi dan lemak, kandungan gizi lainnya adalah serat sebanyak 1,8 gram, energi sebesar 160 Kcal, dan juga 1,36 gram protein.  Itulah ketujuh sumber karbohidrat pengganti nasi untuk para ibu hamil yang bisa coba .