Dokter kandungan merupakan ‘sahabat’ para Moms. Terlebih jika Moms sedang melakukan program hamil maupun dalam masa kehamilan. Di tangan dokter kandungan juga Moms mempercayakan kesehatan reproduksi dan kewanitaan. 

Memilih dokter kandungan tidak sembarangan. Pada kebanyakan Moms mungkin merasa malu saat memperlihat  bagian paling intim dari tubuh, atau mengungkapkan permasalahannya kepada dokter. Namun, kesehatan Moms, dan kesehatan bayi dalam proses perkembanga janin dari minggu ke minggu jika Moms hamil, bergantung kepadanya. Nah, bagaimana Moms menemukan dokter kandungan yang tepat? Berikut beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan.

Dapatkan Referensi

Untuk memulai pencarian, Moms bisa meminta rekomendasi dokter umum atau dokter di fasilitas kesehatan di tempat Moms biasa berobat. Dapat pula Moms meminta rekomendasi dari keluarga atau teman yang pernah memiliki pengalaman berkonsultasi dengan dokter kandungan. Persempit daftar dokter kandungan incaran.

Teliti Kredensial

Gelar yang didapat dan sertifikasi pengalaman dari obgyn ini menjadi salah satu pertimbangan. Seperti, universitas ia menuntut ilmu, pelatihan, keterampilan, dan pengalamannya dalam praktik perawatan ginekologi dan kebidanan. Luangkan waktu untuk meneliti pengalaman dokter, misalnya melalui pencarian di online. Cek pula tentang riwayat klaim malpraktek atau tindakan disipliner. 

Pertimbangkan Pengalaman 

Saat Moms menghadapi kehamilan berisiko tinggi atau masalah ginekologi yang kompleks, pengalaman itu penting. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang dokter dengan suatu kondisi atau prosedur, semakin baik kemungkinan untuk membantu Moms mendapatkan kesehatan kandungan dan kebidanan yang optimal. Cek misalnya prosedur khusus atau bidang penelitian yang menjadi spesialisnya. Atau tingkat komplikasi seperti apa yang pernah ditanganinya. 

Selain fokus di bidang obgyn, ada pula dokter kandungan yang memilih sub spesialis di bidang onkologi kandungan. Dokter ini akan bergelar SpOG (K).

Preferensi Gender

Moms harus merasa nyaman dengan dokter kandungan. Pikirkan baik-baik, apakah tidak masalah bagi Moms jika dokter kandungan ini seorang pria? Jangan sampai Moms jadi terhambat mengungkapkan permasalahan kewanitaan karena malu dan canggung terhadap dokter kandungan yang berjenis kelamin laki-laki. Namun, untuk kesehatan Moms yang berpotensi serius, misalnya Moms terkena kanker ovarium, jangan Moms jadikan faktor jenis kelamin ini sebagai hambatan untuk berobat kepada ahlinya. 

Penelitian Kualitas Rumah Sakit

Rumah sakit dokter kandungan Moms adalah rumah sakit Moms juga. Untuk alasan ini, pertimbangkan kualitas perawatan di rumah sakit tempat dokter kandungan pilihan ini akan merawat pasien. Kualitas rumah sakit penting karena pasien yang dirawat di rumah sakit berkualitas akan memiliki komplikasi yang lebih sedikit dan tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik. Selain itu, pertimbangkan pula  lokasi rumah sakit. Moms mungkin akan sering bolak-balik ke rumah sakit. Jadi akan sungguh melelahkan jika jarak rumah sakit terlalu jauh dari rumah Moms. 

Evaluasi Gaya Komunikasi

Pilih dokter kandungan yang membuat nyaman Moms nyaman untuk berbicara dan mengungkapkan permasalahan Anda. Dokter kandungan ini juga memberikan informasi yang jelas dan tepat. 

Gaya berkomunikasi sebenarnya sudah terlihat pada saat Moms pertama kali berkonsultasi. Misalnya bagaimana cara ia menyambut kehadiran Moms, menanggapi pertanyaan Moms dan menjawabnya dengan bahasa yang mudah Moms untuk memahaminya.  Lebih memiliki nilai plus lagi jika dokter kandungan ini  menunjukkan minat untuk mengenal Moms, mempertimbangkan preferensi perawatan, dan menghormati proses pengambilan keputusan Moms.

Baca Ulasan Pasien

Membaca apa yang dikatakan orang lain tentang seorang dokter dapat memberikan wawasan tentang bagaimana seorang dokter mempraktikkan kedokterannya, serta bagaimana praktik medisnya. Ulasan pasien biasanya mencerminkan pengalaman orang-orang dengan penjadwalan janji, waktu tunggu, lingkungan rumah sakit, dan keramahan para stafnya. Moms dapat mempelajari seberapa baik pasien mempercayai dokter kandungan tersebut, berapa banyak waktu yang dia habiskan dengan pasien, dan seberapa baik dia menjawab pertanyaan.

Cek Asuransi

Perlindungan asuransi adalah masalah yang perlu jadi pertimbangan. Untuk menerima manfaat asuransi paling banyak dan membayar paling sedikit uang untuk perawatan, Moms mungkin perlu memilih dokter kandungan yang bisa tercakup dalam paket asuransi. Tentunya Moms tetap harus mempertimbangkan kredensial, pengalaman, hasil, dan kualitas rumah sakit saat Moms memilih paket asuransi ini.