Proses perkembangan janin dimulai segera setelah pembuahan. Moms ingin tahu  bagaimana calon dedek bayi  bertumbuh dan berkembang selama trimester pertama? Kapan Moms merasakan tendangan pertama? Berikut proses perkembangan janin dari minggu ke minggu pada 3 bulan pertama kehidupannya di dalam kandungan 

Minggu 1 dan 2: Bersiap

Ini mungkin sepertinya aneh, tetapi Moms sebenarnya tidak hamil pada minggu pertama atau kedua dari waktu yang ditentukan untuk kehamilan Anda. 

Pembuahan biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah menstruasi terakhir Anda dimulai. Untuk menghitung perkiraan hari-H si kecil lahir, dokter kandungan atau bidan akan menghitung 40 minggu ke depan dari awal periode terakhir Moms. Ini berarti menstruasi Moms dihitung sebagai bagian dari kehamilan, meskipun Moms tidak hamil pada saat itu.

Minggu 3: Fertilisasi

Saat ini Sperma dan sel telur bersatu di salah satu saluran tuba Moms untuk membentuk entitas bersel satu yang disebut zigot.  Zigot biasanya memiliki 46 kromosom:  23 dari ibu kandung dan 23 dari ayah biologis. Kromosom ini membantu menentukan jenis kelamin dan ciri fisik bayi Moms.

Segera setelah pembuahan, zigot bergerak menuruni tuba falopi menuju rahim. Pada saat yang sama, ia akan mulai membelah  membentuk sekelompok sel menyerupai raspberry kecil  yang disebut morula.

Minggu 4: Implantasi

Di masa ini sel-sel yang membelah cepat disebut blastokista. Sel ini juga mulai ‘menggali’ ke dalam lapisan rahim (endometrium). Proses ini disebut implantasi.

Di dalam blastokista, kelompok sel bagian dalam akan menjadi embrio, sedangkan lapisan luar membentuk bagian dari plasenta, yang akan menyehatkan bayi Anda selama masa kehamilan.

Minggu 5: Tingkat hormon meningkat

Kadar hormon HCG yang diproduksi oleh blastokista meningkat dengan cepat. Ini memberi sinyal pada ovarium Moms untuk berhenti melepaskan sel telur dan menghasilkan lebih banyak estrogen dan progesteron. Peningkatan kadar hormon ini menghentikan periode menstruasi Anda, seringkali merupakan tanda pertama kehamilan, dan memicu pertumbuhan plasenta.

Embrio sekarang terbuat dari tiga lapisan:

Minggu 6: Tabung saraf menutup

Di waktu ini tabung saraf di sepanjang punggung janin akan menutup. Otak dan sumsum tulang belakang bayi akan berkembang dari tabung saraf. Jantung dan organ lainnya juga mulai terbentuk dan jantung mulai berdetak.

Struktur yang diperlukan untuk pembentukan mata dan telinga berkembang. Tunas kecil muncul akan segera menjadi lengan. Tubuh janin Anda mulai mengalami kelengkungan berbentuk C.

Minggu 7: Kepala bayi berkembang

Saat ini otak dan wajah bayi Moms berkembang. Lubang hidung menjadi terlihat, dan awal terbentuknya retina.

Tunas tungkai bawah yang akan menjadi tungkai muncul dan tunas lengan yang tumbuh minggu lalu, sekarang berbentuk dayung.

Minggu 8: Bentuk hidung bayi

Pada masa ini  lengan bayi Moms tumbuh dan siku muncul. Jari kaki terlihat dan kelopak mata terbentuk. Kepala bayi Anda besar, tetapi bentuk dagu masih buruk.

Minggu 10: Siku bayi menekuk

Kepala bayi menjadi lebih bulat. Bayi Moms sekarang bisa menekuk sikunya. Jari kaki dan jari tangan menjadi lebih panjang. Kelopak mata dan telinga luar terus berkembang. Tali pusar terlihat jelas.

Minggu 11: Alat kelamin bayi berkembang

Saat ini panjang kepala bayi masih sekitar setengah dari panjangnya. Namun, tubuh bayi akan segera menyusul. Bayi Moms sekarang secara resmi disebut sebagai janin. Yeay!

Minggu ini wajah bayi Moms lebar, matanya terpisah jauh, kelopak mata menyatu dan telinganya rendah. Tunas untuk gigi masa depan muncul. Sel darah merah mulai terbentuk di hati. Pada akhir minggu ini, alat kelamin luar bayi akan mulai berkembang menjadi penis atau klitoris dan labia majora.

Minggu 12: Bentuk kuku bayi

Perkembangan janin 3 bulan atau dua belas minggu setelah kehamilan Moms, atau 10 minggu setelah pembuahan, kuku bayi mulai tumbuh. Profil wajah bayi Moms lebih berkembang. Ususnya ada di perut.

Sekarang bayi Moms mungkin memiliki panjang sekitar 2 1/2 inci (61 milimeter) dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya sekitar 14 gram (1/2 ons). 

Perkembangan janin dari minggu ke minggu terbilang pesat, Moms. Untuk mendukung perkembangannya, pastikan kebutuhan nutrisi Moms selama kehamilan terpenuhi.