Salah satu masalah kesehatan yang dialami ibu hamil adalah sembelit, terutama di trimester pertama. Dan sebagai ibu hamil, tentunya tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat karena bisa berbahaya  bagi janin. 

Sembelit dapat menyebabkan feses (kotoran) keras dan kering, sehingga sakit saat  dikeluarkan. Selain itu, perut juga kembung, tidak nyaman, dan nyeri. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan sembelit saat hamil, di antaranya: 

Hormon berubah 

Perubahan hormon menyebabkan usus memperlambat gerakan feses dalam perut. Hal ini dapat meningkatkan jumlah air yang diserap oleh usus besar, sehingga feses menjadi lebih padat dan sulit keluar. 

Vitamin prenatal

Vitamin prenatal mengandung zat besi dan mineral penting lain yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun, tingginya zat besi ternyata bisa menyebabkan sembelit dan mengubah feses menjadi keras serta hitam. 

Tekanan dalam rahim

Seiring berkembangnya kehamilan, rahim yang tumbuh dapat menekan usus sehingga membuatnya lebih sulit menggerakan feses keluar yang kemudian menyebabkan sembelit. Masalah ini tentunya akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, apalagi jika disertai gejala kehamilan lainnya, seperti mual atau pusing. 

Oleh sebab itu, ibu hamil perlu segera mengatasi masalah ini. Berikut beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi sembelit : 

Mengkonsumsi lebih banyak serat. 

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi 25-35 gram serat setiap hari. Moms bisa mendapatkan serat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan roti gandum. Selain memperlancar BAB, makanan kaya serat juga dapat memberi vitamin dan antioksidan untuk ibu hamil. Biasanya saya menambahkan 1 gelas klorofil setiap harinya yang saya minum dalam kondisi dingin. Selain itu saya juga suka agar agar. 

Minum lebih banyak air putih 

Minum air putih sebanyak 2-4 Liter per hari dapat mendorong makanan padat bergerak melalui saluran pencernaan, dan membuat feses menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan. 

Mengkonsumsi probiotik 

Probiotik dalam yogurt mengandung kultur aktif yang dapat merangsang bakteri usus memecah makanan lebih baik. Zat ini dapat membuat pergerakan usus lancar dan feses bisa keluar dengan mudah. 

Berolahraga

Rutin berolahraga selama kehamilan dapat mendorong pergerakan usus secara teratur sehingga membantu Moms mengatasi sembelit.Hanya dengan 10 menit berjalan kaki, Moms dapat membuat seluruh tubuh bergerak. Jadi, pastikanlah untuk rutin melakukan olahraga sesuai rekomendasi dokter. 

Jika masih mengalami sembelit disertai gejala mual,muntah dan pendarahan dari dubur sebaiknya Moms konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.